KIA Targetkan 4 Ribu All New Rio Terjual per Tahun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Desember 2011 12:20 WIB
KIA Mobil Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta - Persaingan pasar mobil di kelas hatchback akan semakin seru dengan diluncurkannya model varian hatchback terbaru KIA, all New Rio. Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono mengaku optimistis mobil model terannyar yang baru dirilis 1 Desember 2011 kemarin akan mampu meraup penjualan hingga 4.000 unit per tahun tahun depan.

Jumlah itu hampir separuh dari target penjualan seluruh mobil KIA di Indonesia tahun ini yang dipatok 10.000 unit per tahun. "Target penjualan kami untuk All New Rio ini 300 unit per bulan. Kami yakin itu bisa tercapai, bahkan terlampaui," kata dia.

Keyakinan itu cukup beralasan. Meski baru diluncurkan kemarin, pengajuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) telah mencapai 300 unit. KIA masih mengandalkan kelebihan utama pada sisi desain mobil serta mesin yang efisien bahan bakar. "Untuk pemakaian standar 1 liter bensin bisa lebih dari 20 kilometer," katanya.

All New KIA Rio adalah generasi lanjutan dari varian KIA Pride. Mobil yang diimpor dari Negeri Gingseng dan dirakit di Indonesia itu memiliki mesin Gamma 1.4 liter berbahan bakar bensin. Mesin ini bisa menghasilkan kekuatan maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sebesar 13.8 kg.m pada 4.200 rpm.

KIA menawarkan garansi mesin sampai 5 tahun atau 150 ribu kilometer. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 159,9 juta untuk versi manual dan Rp 173,9 juta versi automatic. "Menurut kami ini adalah harga yang cukup kompetitif."

Para calon pembeli juga dipastikan tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan mobil pesanannya. Meskipun merupakan model baru, KIA sudah menyiapkan stok di atas target penjualan. "Saat ini ready stock kami sudah sekitar 400-500 unit dari target penjualan Desember 300 unit, tidak perlu indent lama," ungkapnya. "Bagi pembeli model mobil baru pertimbangannya bukan pada diskon, tapi pada ada atau tidaknya stok. Dan untuk stok ini kami sudah sangat siap."

Stok memang kadang menjadi persoalan saat peluncuran model baru. Seperti yang dialami oleh Toyota dan Daihatsu saat meluncurkan All New Avanza dan All New Xenia. Besarnya animo pasar tidak sebanding kesiapan stok. Bahkan, untuk bulan pertama setelah peluncuran Toyota dan Daihatsu hanya mampu menyediakan separo kebutuhan. Akibatnya, indent pembelian yang lama hingga berbulan-bulan tak terhindarkan.

Tahun ini KIA menargetkan penjualan seluruh total seluruh tipe mobilnya bisa tembus 10.000 unit per tahun. Penjualan hingga Oktober lalu sekitar 6.300 unit yang didominasi oleh penjualan All New Picanto dengan torehan penjualan 3.600 unit atau sekitar 53 persen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Kia Sportage dengan total penjualan 700 unit, dan KIA Pregio sekitar 300 unit.

Menurut Hartanto, dari seluruh total penjualan yang tercapai saat ini sekitar 86 persen disumbang oleh model-model baru. "Model baru menyumbang hampir 5.500 unit dari total capaian penjualan, padahal bisa dibilang penjualan model baru kami baru berjalan efektif pada pertengahan tahun ini. Karena itu, kami masih optimis target 10.000 unit masih bisa dikejar tahun ini."

AGUNG SEDAYU

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi