GM dan Volkswagen Geser Toyota
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 10 Desember 2011 01:00 WIB
Toyota. AP/Koji Sasahara

TEMPO Interaktif, TOKYO -Produsen mobil terbesar asal Jepang Toyota, tampaknya tak akan menjadi pemimpin penjual mobil terbesar di dunia tahun ini. Diprediksi Toyota akan terpental dari posisi pertama ke posisi ketiga. Tergeser oleh General Motor (GM) atau mungkin Volkswagen, seperti yang dilansir REUTERS hari ini, Jumat 9 Desember 2011.

Bencana gempa tsunami di Jepang pada Maret lalu juga menyebabkan pabrikan otomotif Jepang, termasuk Toyota, terpukul. Produksi mobil anjlok drastis. Saat kondisi Jepang baru saja mulai berangsur pulih, bencana kedua datang di semester ke dua tahun ini.

Banjir besar melumpuhkan pabrik Toyota di Thailand, menyebabkan pasokan komponen otomotif ke 10 negara lumpuh. Akibatnya, produksi Toyota di 10 negara itu juga ikut rontok.

Saat Toyota tengah berusaha bangkit kembali, persoalan lain muncul justru dari dalam negeri. Nilai tukar mata uang Yen semakin menguat, akibatnya beban ekspor akan semakin berat. Sehingga meskipun diprediksi pasar akan mulai pulih tahun depan, seiring dengan kembali normalnya produksi dan diluncurkannya model-model baru, peningkatan kinerja ekspor akan susah dilakukan.

Kekhawatiran tersebut diungkapkan oleh Chief Financial Officer Satoshi Ozawa. Menurutnya penguatan nilai tukar yen menyebabkan Toyota terpaksa menaikkan harga mobil secara signifikan di sejumlah negara.

AGUNG SEDAYU | REUTERS 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi