Camry Atara, Varian Baru Obat Kebosanan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 Desember 2011 18:40 WIB
egmcartech.com

TEMPO.CO, Melbourne- Toyota Australia minggu ini merilis Camry Atara SL yang menggantikan Camry Grande, pendahulunya. Mereka berusaha mengubah citra Camry yang menurut themotorreport.com selama ini “aman, namun membosankan”.

Atara yang baru dirilis minggu ini memiliki improvisasi kualitas interior, yang membuat mobil ini lebih dinamis dan longgar. Kursi depan lebih dimajukan dan kursi belakang lebih dimundurkan. Ini memberikan kenyamanan bagi bagi penumpang di belakang. Kursi depan juga dilengkapi dengan electric pad membuat mobil ini nyaman dalam perjalanan jauh.

Kesan mewah pun ditampilkan melalui permukaan jok yang empuk dan lembut. Dashboard-nya juga terlihat dan terasa seperti apa yang bisa kita temukan dalam premium car. Rak tengah (centre stack) memiliki desain yang simple namun tetap terkesan elegan.

Kelemahan dari sisi interior adalah sandaran punggung yang agak keras. Plastic knee-pads yang ada di kedua sisi centre stack yang tepiannya yang kasar mengurangi kesan high-class pada mobil. Juga sepertinya pillar trims mereka tidak terlalu pas.

Camry Atara SL menggunakan sistem power steering elektrik. Keuntungannya adalah lebih ringan dibandingkan dengan sistem hidrolik konvensional. Untuk mengerem, Atara memiliki genjotan rem yang tidak terlalu dalam sehingga pedalnya lebih responsif. Ini akan lebih membuat pengemudi memiliki resiko yang kecil dalam melakukan pengereman. Dalam kecepatan yang tinggi kontrol suspensi Camry sangat baik.

SL juga memiliki sistem untuk mendeteksi kendaraan pada titik buta (blindspot) pengemudi. Tentunya, ini baik bagi dari segi kemanan diri sendiri maupun pengendara lain di jalanan.

Atara memiliki mesin 4 silinder 2,5 liter yang dilengkapi dengan transmisi otomatis enam kecepatan yang halus. Hasilnya, ia lebih bertenaga namun juga efisien dalam penggunaan bahan bakar. Ada juga tambahan torsi sehingga ia mampu memproduksi adalah 181 tenaga kuda dan torsi 235 nanometer.

Sekalipun performance kickdown-nya lambat, Atara memiliki paddle-shifters, kejutan dari Camry seri ini. Shifters bisa berguna untuk menurunkan transmisi ketika keandaraan melaju terlalu cepat (highway speeds). Sepertinya memang sedan ini dirancang untuk ‘ringan’ saat melaju lambat namun menjadi lebih ‘berat’ saat melaju kencang.

Camry juga telah lulus tes kemanan oleh National High Way Traffic Administration (NHWTA) dan mendapatkan predikat bintang lima setelah melalui tes kecelakaan dari sisi, bagian depan, dan tes terguling.

Hasilnya, sekalipun menggunakan nama "Camry", mobil ini tidak lagi seperti Camry yang selama ini dikenal. Ia adalah Camry yang tidak lagi membosankan, sekalipun tetap aman.

GADI MAKITAN |THEMOTORREPROT | CARADVICE

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi