Mobil Listrik Mitsubishi Motors Dikirim ke Hawaii
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Desember 2011 12:12 WIB
Mitsubishi logo (Dok. Mitsubishi)

TEMPO Interaktif, Honolulu - Mobil berbahan bakar listrik buatan Mitsubishi Motors mulai dikirimkan ke Hawaii, Amerika Serikat, Senin lalu. Ini adalah mobil listrik pertama yang dikirimkan ke Amerika Utara oleh produsen otomotif asal Jepang tersebut.

Bridget Nishimura, pembeli pertama produk ini, mengatakan keluarganya menghabiskan US$ 60 sampai US$ 75 seminggu untuk membeli gas bagi tiga mobilnya. Bahan bakar itu untuk mendukung aktivitas mereka ke kantor, sekolah, maupun berbelanja. "Aku sangat senang. Mobil ini akan mendukung kelestarian bumi dan lingkungan," katanya setelah menerima kunci mobil tersebut.

Dengan mengisi ulang baterai selama tujuh jam, mobil bisa menempuh jarak hingga 62 mil atau sekitar 99 kilometer. Biaya yang dikeluarkan juga hanya US$ 3 atau sekitar Rp 27 ribu.

Gubernur Hawaii, Neil Abercrombie, mengatakan Nishimura adalah pelopor pengguna kendaraan listrik di Hawaii. Seperti gubernur sebelumnya, Linda Lingle, Abercrombie akan menggiatkan penggunaan mobil listrik ke masyarakat Hawaii.

Untuk menebus mobil ini, konsumen cukup mengeluarkan uang US$ 16 ribu atau sekitar Rp 144 juta. Harga ini setelah potongan pajak yang diberikan pemerintah Amerika sebesar US$ 7.500 (sekitar Rp 64 juta). Insentif lainnya, pengemudi tak perlu membayar tiket parkir dan tiket jalan tol.

Masatoshi Hasegawa, Wakil Presiden Eksekutif Mitsubishi Motors Amerika Utara, mengatakan 17 ribu mobil listrik sudah melaju di Jepang dan Eropa. Mitsubishi akan memfokuskan penjualan di pulau-pulau seperti Hawaii.

Harga yang dibanderol Mitsubishi Motor Corporation untuk produk i-MiEV ini sebesar US$ 28.190 dolar atau Rp 243,13 juta. Mitsubishi juga menawarkan i-MiEV varian tertinggi, 30.190 dolar (Rp 260,3 juta). Versi ini audionya dilengkapi dengan 8-speaker, setir berlapiskan kulit, interior dua warna, pelek sport 15 inci, dan lampu kabut.

CBSNEWS | DEWI

#Penjualan Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi