Bangun Riset, Hyundai Kucurkan US$ 12,3 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 1 Januari 2012 21:54 WIB
REUTERS/Truth Leem

TEMPO.CO, Los Angeles-Hyundai Motor Group, perusahaan asal Korea Selatan yang membawahi Hyundai Motor Co. dan Kia Motors Corp., mengucurkan dana US$ 12,3 miliar tahun ini untuk pembangunan fasilitas riset dan pengembangan.

Laman autonews.com menyebutkan, nilai investasi tersebut naik 15,6 persen dibandingkan tahun lalu. Dari total dana tersebut, US$ 4,4 miliar akan digunakan untuk pengembangan kendaraan irit bahan bakar. Sedangkan sisa US$ 7,9 miliar digunakan untuk fasilitas produksi di Korea Selatan dan negara-negara lain. 

Dalam pernyataan singkatnya, manajemen Hyundai tak menyebut proyek apa saja yang akan didanai. Tapi surat kabar Korea Selatan, MK Business News, mengutip keterangan salah satu anggota manajemen yang menyatakan Hyundai dan Kia akan membangun pabrik di negara lain.  “Perusahaan juga akan mengembangkan pabrik di Gwangju, Korea Selatan,” kata dia yang tak bersedia disebut identitasnya.

Tahun ini, Hyundai dan Kia ditargetkan bisa menjual 7 juta kendaraan secara global, naik dibandingkan tahun ini yang mencapai 6,5 juta unit. Pabrikan yang menduduki peringkat 5 penjualan otomotif global ini agaknya tak terpengaruh krisis ekonomi global. Hyundai dan Kia berhasil memperbesar penguasaan pasar yang dihuni perusahaan Jepang dan Amerika.

MUHAMAD RIZKI

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi