Mobira Terpacu oleh Esemka Jokowi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Januari 2012 08:41 WIB
Sejumlah siswa SMKN 2 dan AMK warga Surakarta sedang merakit mobil Kiat Esemka di Kampus Solo Tecnopark, Rabu (4/1). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Ir Dasep Ahmadi, pembuat Mobira atau mobil rakyat, rupanya juga terpacu membuat karya lebih baik dari Kiat Esemka. "Semoga produk-produk mereka bisa lebih memacu kami berkarya lebih baik,"  kata Dasep dalam pernyataan tertulis yang diterima Tempo, 5 januari 2011.

Sebagai lulusan perguruan tinggi, Institut Teknologi Bandung, ia yakni lebih mampu memberikan karya lebih baik. "Asal punya kepercayaan diri dan kemauan keras," kata peraih BJ Habibie Teknologi Award 2009. Mobira, kata dia, sedang dalam penyempurnaan di engine dan body. Penyempurnaan ini diharapkan lebih memiliki daya saing saat memasuki pasar.

Dasep merupakan teknoprenuer mobil rakyat. Kendaraan ini menggunakan produksi dalam negeri baik bodi, mesin, komponen penggerak. Mobil ini mampu melaju dalam kecepatan antara 50 dan 60 kilometer per jam dengan jarak tempuh 30 kilometer per liter.

Dasep menganggap wajar anak sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa membuat mobil sekelas Kiat Esemka. "Mereka hebat karena punya banyak pengalaman di lapangan."

Ia menjelaskan Toyota dan Daihatsu Sunter saja operator umumnya anak-anak SMK. Malah sebagian di antaranya masuk sebagai drafter atau juru gambar maupun tugas-tugas engineering. Untuk Karawang, bahkan lulusan SMK sudah menjadi kepala pabrik untuk casting plant dan engine plant.

Soichiro Honda dan Henry Ford saja, kata dia, hanya lulusan sekolah menengah, tapi kesuksesannya berkarya selama 50 tahun tidak bisa dipandang sebelah mata.

ANANDA PUTRI

BERITA TERKAIT:Esemka Jokowi 'Tampar' Pejabat yang Suka Mobil MewahEsemka Jokowi dan Mimpi Sukiyat Jadi Ford

BERITA POPULER LAIN:Karya-Karya Sang Mat KodakPintarnya Mexico Jual Wisata KiamatManchester Keok di Kandang NewcastleSolidaritas AAL dari Ranah Maya

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi