Beberapa Kekurangan Esemka yang Akan Disempurnakan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Januari 2012 09:18 WIB
Sejumlah siswa SMKN 2 dan AMK warga Surakarta sedang merakit mobil Kiat Esemka di Kampus Solo Tecnopark, Rabu (4/1). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Karanganyar - Setelah mengendarai mobil Kiat Esemka jenis sport utility vehicle (SUV), Bupati Karanganyar Rina Iriani memberi masukan kepada pemilik Kiat Motor, Sukiyat.

Sedikit masukan yang Rina sampaikan antara lain tuas lampu sein posisinya tertukar dengan wiper. Biasanya tuas lampu sein di sebelah kanan, tapi di Kiat Esemka, ada di bagian kiri.

Kemudian pendingin udara kurang dingin, kopling kurang lunak, dan pengatur kursi masih kaku. “Itu masukan saja. Semoga bisa disempurnakan. Tapi secara umum sudah bagus,” terangnya, Kamis, 5 Januari 2012. Kiat Esemka jika diproduksi massal harganya Rp 95 juta.

Pemilik Kiat Motor, Sukiyat, menerima masukan Rina. Dia akan segera memperbaiki segala kekurangan. “Yang harus diingat, yang diuji coba adalah generasi pertama. Sedangkan generasi berikutnya seperti yang dipakai Jokowi (Wali Kota Surakarta Joko Widodo) sudah ada penyempurnaan,” katanya.

Soal pendingin udara yang kurang dingin, dia beralasan freon mulai habis dan perlu diisi. Kemudian tuas lampu sein dan wiper yang tertukar, dia menyebut memang sengaja dilakukan sebagai pembeda dengan produk lain di pasaran.

“Tapi kalau memang familiar dengan yang sekarang, nanti bisa ditukar,” tandasnya.

Rina menyetir sendiri Kiat Esemka memutari alun-alun Karanganyar. Setelah satu putaran, dia memutuskan memesan lima, yaitu untuk digunakan dirinya, Wakil Bupati Paryono, dan tiga asisten sekretariat daerah.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi