Rp 95 Juta, Sukiyat Esemka Kebanjiran Pesanan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Januari 2012 10:05 WIB
Sejumlah siswa SMKN 2 dan AMK warga Surakarta sedang merakit mobil Kiat Esemka di Kampus Solo Tecnopark, Rabu (4/1). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil buatan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, Kiat Esemka, laris dipesan masyarakat, termasuk pejabat negara. Sejak diperkenalkan ke masyarakat pada Senin, 2 Januari 2012 sebagai mobil dinas sementara Wali Kota Surakarta Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, banyak pihak yang tertarik membeli.

Apalagi mobil kategori sport utility vehicle (SUV) dengan kapasitas mesin 1.500 cc tersebut hanya dibanderol Rp 95 juta untuk produksi massal. Pemilik Kiat Motor, Sukiyat, menyatakan sudah ada ribuan pemesan dari seluruh Indonesia. "Ada yang dari Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra," terangnya, Kamis, 5 Januari 2012.

Namun, pihaknya belum bisa memenuhi pesanan karena hingga kini belum mendapat izin layak jalan dari Kementerian Perhubungan. "Soal izin, saya tidak mengurusi. Saya fokus pada produksi," lanjutnya.

Sukiyat menyatakan siap jika diminta produksi massal. Rencananya akan ada 36 lokasi produksi bekerja sama dengan SMK di Indonesia. "Pekan depan rencananya ada MoU (Memorandum of Understanding) dengan Direktur SMK Kemendikbud," ujarnya. "Pusat produksi tetap dipusatkan di Kiat Motor."Soal purnajual, Sukiyat menyebut 36 lokasi tersebut akan berfungsi sebagai bengkel dan penjualan suku cadang.

Sementara itu, guru pendamping perakitan Kiat Esemka di SMK 2 Surakarta, Dwi Budimartono, mengatakan ada perusahaan asal Jambi yang memesan 12 unit mobil dobel kabin. "Katanya untuk digunakan di perkebunan," ucapnya.

Dia diminta untuk menghitung perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengadaan 12 unit. Namun untuk pengadaan, senada dengan Sukiyat, dia masih menanti keluarnya surat izin uji kelayakan dari pemerintah.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi