Suzuki Luncurkan Pesaing Avanza dan Xenia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 7 Januari 2012 22:57 WIB
Suzuki Ertiga. team-bhp.com

TEMPO.CO, NEW DELHI -Suzuki Motors Corporation (Suzuki) akhirnya meluncurkan varian low Multi Purpose Vehicle (MPV) Suzuki Ertiga di gelaran New Delhi Auto Show 2012, Sabtu 7 Januari 2012. Konsep MPV yang disebut-sebut sebagai pesaing terkuat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia itu pertama kali diluncurkan pada Januari 2011 di gelaran yang sama.

Pernyataan resmi Suzuki yang dikutip indiancarbikes.in menyebut, pihaknya menawarkan dua varian Ertiga. Keduanya adalah, Ertiga bermesin bensin 1.400 cc dengan sistem variable-valve timing (VVT) dan bertenaga 94 bhp dan varian bermesin diesel 1.300 ccVariable Geometry Turbo (VGT).

“Varian kedua, bertenaga 89 bhp dan torsi 200 newton meter,” bunyi pernyataan itu.

Pabrikan asal India itu menyebut mesin itu irit bahan bakar. Hasil pengujian yang dilakukan oleh Automotive Research Association of India menunjukkan, sebut Suzuki, konsumsi varian bermesin bensin 1 : 16,02 kilometer. Adapun varian bermesin diesel 20,77 kilometer.

Untuk pasar negeri itu, Suzuki membanderolnya 7 -9 lakh rupee atau sekitar Rp 120 – 154 juta. Harga itu bersifat on the road.

Tampilan Ertiga mirip dengan Suzuki Ritz, namun lampu utama dan dashboard menggunakan milik Suzuki Swift. Bemper dibuat dengan menonjolkan kesan sporty yaitu memperbesar airdam.

Mobil dengan kapasitas tujuh orang tujuh memiliki panjang 4.265 milimeter. Adapun jarak sumbu rodanya mencapai 2.740 mm.

Rencananya, mobil ini akan dipasarkan ke berbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia konsep mobil ini pernah dipamerkan di gelaran Indonesia International Motor Show 2010.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi