Pasar Anjlok, Moody's Pangkas Rating Honda  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 7 Februari 2012 11:37 WIB
Staf showroom membersihkan mobil Honda di Tokyo, Jepang, Selasa (31/1). REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Tokyo - Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service memangkas rating kredit Honda Motor Co ke level negatif. Tindakan ini dilakukan setelah pabrikan asal Jepang itu mengalami penurunan pangsa pasar dan tingkat keuntungan tahunan.

Dalam pernyataannya, Moody's mengatakan peringkat kredit Honda dipangkas hingga 4 takik ke level A1 atau dari stabil ke negatif. "Rating ini terancam terus turun jika profitabilitas Honda tak kunjung membaik," kata Moody's seperti dikutip dari autonews.com.  

Banjir di Thailand dan penguatan nilai tukar yen telah memukul Honda dalam setahun terakhir. Akibat banjir, Honda merugi ¥ 110 miliar, sedangkan penguatan nilai tukar telah menurunkan pendapatan ekspor hingga ¥ 57 miliar. Setelah dikurangi bermacam beban usaha, proyeksi keuntungan Honda turun 26 persen menjadi ¥ 200 miliar,

Selain dua faktor diatas, Moody's mengatakan, ancaman bagi Honda belum berakhir lantaran persaingan industri otomotif makin ketat. Meski Honda masih memiliki reputasi yang baik, para pesaingnya telah lebih dulu meningkatkan kualitas produk dan menggenjot pendapatan dalam setahun terakhir.

Analis senior Moody's di Tokyo Tadashi Usui mengatakan, penurunan outlook ini mencerminkan kekhawatiran bahwa Honda menghadapi tantangan berat untuk mendapatkan kembali pangsa pasar  mereka karena persaingan makin tajam. "Tapi bagaimanapun, serangkaian peristiwa buruk pada 2011 telah menghambat kinerja Honda," kata dia.

Selain memangkas peringkat Honda, Moody's juga telah memberi rating outlook kredit negatif pada Toyota Motor Corp. Namun, hal sebaliknya mereka sematkan pada Nissan Motor Co karena memiliki outlook yang stabil.

FERY FIRMANSYAH

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi