Seret Pasokan, Penjualan Ford Indonesia Turun 50%
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 9 Februari 2012 21:12 WIB
Ford Fiesta (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Banjir yang menggangu produksi dan pasokan mobil dari Thailand menggangu penjualan Ford di Indonesia. PT Ford Motor Indonesia, sepanjang Januari 2012 lalu, hanya mencatat penjualan ritel sebanyak 610 unit atau terpangkas sekitar 50%.

Tiga model terlaris Ford di Indonesia yaitu All New Ford Fiesta, Ford Ranger dan Ford Everest, kesemuanya diproduksi di fasilitas AutoAlliance di Thailand. Pabrik ini sempat menghentikan produksinya selama beberapa minggu akibat banjir yang melanda Thailand.

Tahun 2011 penjualan total Ford semua model mencapai 15,670 atau rata-rata 1.300-an unit per bulan. Fiesta sendiri tahun lalu mencatat penjualan 7.313 unit atau rata-rata 600-an unit per bulan. Sementara bulan Januari lalu, All-New Ford Fiesta terjual sebanyak 470 unit.

Guna meningkatkan angka penjualan, tahun ini Ford rencananya menambah keluarga All New Fiesta dengan memperkenalkan sedan Fiesta empat pintu. Selain itu, dua model lain yang baru diboyong ke Indonesia adalah All-New Ranger dan All New Focus.

Bagus Susanto, Managing Director FMI dalam keterangan persnya, Kamis, 9 Februari 2012 mengatakan tetap optimistis dengan penjualan tahun ini. "Kami tetap memperkirakan kinerja setahun penuh yang kuat, yang akan didorong oleh berlanjutnya momentum All New Fiesta dan pengenalan dua pemimpin segmen yakni All New Ranger dan All New Focus," ujar Bagus.

Bagus mengatakan, selain memasukkan model baru, Ford juga akan melakukan pembukaan delapan dealer resmi baru Ford sepanjang tahun 2012. Angka ini akan menambah jaringan penjualan Ford menjadi total 48 dealar. "Kami juga terus meningkatkan pengalaman pelanggan kami dengan berinvestasi pada jaringan dealer serta memperluas jangkauan layanan purna jual kami," kata Bagus.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi