Kejutan Grosjean dan Kebangkitan Prancis di F1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 18 Maret 2012 11:13 WIB
Pembalap Lotus, Romain Grosjean setelah sesi kualifikasi Grand Prix F1 Australia di sirkuit Albert Park di Melbourne, Australia, Sabtu (17/3). REUTERS/Brandon Malone

TEMPO.CO, Melbourne - Sejak pramusim Formula 1 musim ini memang sudah banyak orang yang membicarakan kembalinya pembalap Lotus, Romain Grosjean, ke kejuaraan dunia balap mobil tersebut. Namun penampilannya di sesi kualifikasi Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu 17 Maret, benar-benar mengejutkan.

Pembalap dari Prancis berusia 26 tahun itu tak cuma mengalahkan salah satu mantan juara dunia, Kimi Raikkonen, tapi juga juara dunia bertahan Sebastian Vettel, pembalap legendaris Michael Schumacher, serta mantan juara dunia lainnya, Fernando Alonso.

Groesjen menempati urutan ketiga start siang ini di belakang dua pembalap McLaren yang juga mantan juara dunia, Lewis Hamilton dan Jeson Button.

Tak seperti Raikkonen, yang memang baru beristirahat dua tahun, Grosjean memang terbuang dari balapan otomotif paling terkemuka di dunia itu. Ia terpental setelah hanya tampil dalam tujuh balapan sebagai pembalap pengganti untuk tim Renault pada 2009.

"Tidak pernah menyerah. Itu pelajarannya," kata Grosjean dalam konferensi pers. "Saya sangat senang berada di sini. Sangat bangga. Beberapa orang percaya kepadaku di masa yang penuh tantangan ini dan hari ini saya pikir mereka berada bersamaku dalam mobil."

Grosjean menyatakan kebanggaannya bergabung dengan tim Lotus dan mencoba menghasilkan yang terbaik siang ini. Suksesnya kemarin luar biasa karena ia belum pernah membalap di Albert Park sebelum hujan mengganggu sesi latihan, Kamis lalu. "Saya belajar cepat. Tapi, ketika kami sudah bersiap dengan baik, hal itu menjadi lebih mudah. Para pakar mesin kami telah melakukan tugasnya dengan fantastis buat saya."

Meski lahir di Swiss, Grosjean tinggal di Paris dan membalap di bawah lisensi Prancis, sehingga layak menjadi awal dari pencerahan kembali negara itu dalam Formula tahun ini. Prancis adalah salah satu pendiri badan olahraga balapan mobil ini. Tapi mereka tidak bisa menghadirkan wakilnya di grand prix sejak 2008 dan tanpa pembalap dari negara itu dalam dua tahun terakhir.

REUTERS | PRANCIS

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi