Menunggu Vettel dan Abbey Raih Hattrick Juara  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 18 Maret 2012 11:50 WIB
Pembalab Red Bull Sebastian Vettel menyapa para penggemarnya di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (18/3). REUTERS/Brandon Malone

TEMPO.CO, Jakarta - Minggu berlomba, Rabu sebelumnya nama mobil "lahir". Itulah yang dilakukan Sebastian Vettel pada tahun lalu, menjelang sirkuit seri pertama musim baru Formula 1. Itu pula yang dia lakukan sekarang. Empat hari lalu Vettel baru mengumumkan nama mobilnya dan hari ini dia mengebut di Grand Prix Australia, Sirkuit Albert Park, Melbourne.

"Namanya Abbey," kata juara dunia dua kali (2010 dan 2011) asal Jerman itu. Mobil bermesin Renault ini dibalut sasis RB8 hasil rancangan Adrian Newey, 54 tahun, ahli aerodinamika asal Inggris. Modelnya mirip RB7, mobil Vettel musim lalu, kecuali moncongnya yang lebih panjang. "Sebagian orang mengatakan Abbey kurang seksi karena hidungnya kepanjangan."

Kinky Kyle, sebutan Vettel untuk RB7-nya, mungkin lebih seksi. Dan, untuk sementara, Kyle si keriting juga lebih hebat karena telah membantu pembalap berusia 24 tahun itu menjadi juara musim lalu. Pemilik Red Bull Racing Team, Dietrich Mateschitz, menghadiahkannya untuk Vettel. "Kakak" Kyle, Randy Mandy, mobil RB6 tunggangan Vettel saat menjuarai musim 2010, juga menghias garasi rumahnya di Walchwill, Swiss.

Bagaimana dengan musim ini? Meski belum mengeluarkan janjinya, Mateschitz, pendiri pabrik minuman asal Austria, Red Bull, sepertinya juga bakal menghadiahkan Abbey kepada penunggangnya. Tentu saja itu dilakukan bila Vettel kembali menjadi juara dunia. "Sungguh luar biasa bila itu terjadi," kata pria kelahiran Heppenheim, Jerman, 3 Juli 1987 ini.

Tentu saja luar biasa. Pasalnya, dalam 62 kali penyelenggaraan balapan Formula 1 sebelumnya, baru dua orang yang mampu mencetak hattrick, juara tiga kali berturut-turut, atau lebih. Mereka adalah Michael Schumacher (empat kali berturut-turut, 2000-2004) dan Juan Manuel Fangio (juga empat kali berturut-turut, 1954-1957).

Abbey mungkin bisa diandalkan untuk membantu Vettel. Pada tes pramusim hari kedua di Catalonia, Vettel terbukti mampu menjadi yang tercepat pada pertengahan Februari lalu. Pada tes sebelumnya di Jerez dia masih kalah cepat dibanding pembalap dari tim Scuderia Ferrari, Fernando Alonso, dengan Ferrari F20212-nya.

Satu yang masih menjadi keluhan Vettel adalah kurangnya daya cengkeram Abbey dibanding Kyle. "Itu membuat kami lebih lambat dalam memacu mobil ketimbang tahun lalu," katanya.

Ini efek dari peraturan Federasi Otomotif Internasional (FIA) yang melarang penggunaan perangkat off-throttle blown diffuser, semacam perangkat pengaturan gas buang, yang memungkinkan gaya tekan di belakang mobil terjaga meski si pembalap tak membuka gas.

Alat ini menjadi andalan Red Bull Racing pada lebih dari sepertiga pertama lomba tahun lalu. Larangan FIA itu diberlakukan musim lalu, mulai grand prix kesembilan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Pada delapan grand prix sebelumnya, Vettel keluar sebagai juara sebanyak enam kali. Setelah diterapkan Vettel gagal menjadi yang terbaik dalam tiga kali sirkuit berturut-turut semenjak di Silverstone.

Namun Vettel membuktikan bakat ajaibnya pada sisa balapan. Dengan Kyle yang disebut-sebut masih kalah power dibanding Randy Mandy, mantan pembalap Scuderia Toro Rosso itu sukses memenangi 11 kali sirkuit dari 19 total arena musim 2011. Vettel bahkan telah dinyatakan sebagai juara dunia saat kejuaraan menyisakan empat sirkuit, tepatnya pada Grand Prix Jepang. Itu masih dengan tambahan 15 kali di antaranya dengan pole position.

Musim ini persaingan bertambah berat dengan kehadiran kembali mantan juara dunia 2007, Kimi Raikkonen. Pembalap Finlandia ini memperkuat tim Lotus. Pria berusia 32 tahun tersebut keluar dari Formula 1 pada 2009 untuk menjajal arena NASCAR.

"Sebelum ke NASCAR, saya sembilan musim berlaga di Formula 1, melewati 157 sirkuit dan memenangi 18 sirkuit di antaranya," kata Raikkonen. "Berlomba di NASCAR, saya telah mendapat banyak pelajaran, kembali ke Formula 1 seperti pulang ke rumah."

Raikkonen bisa mengejutkan siapa saja musim ini. Pada tes terakhir pramusim, dua pekan lalu, dengan menunggangi Renault E-27, Raikkonen mencapai waktu tercepat. Ini peringatan bagi Vettel agar berhati-hati.

Kembalinya Raikkonen membuat musim ini memiliki rekor baru, yaitu diikuti enam mantan juara dunia sekaligus: Vettel (dari tim Red Bull, juara musim 2010 dan 2011), Jenson Button (McLaren, 2009), Lewis Hamilton (McLaren, 2008), Raikkonen (Lotus, 2007), Fernando Alonso (Ferrari; 2005 dan 2006), serta sang legenda veteran Michael Schumacher (Mercedes; 1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, dan 2004).

Pada 2010 penentuan juara baru terjadi pada sirkuit terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pada 2011, Vettel "menyudahi" musim pada grand prix ke-15. Entah bagaimana dengan musim ini. Bila Vettel kembali juara, dan penentuan juaranya terjadi di grand prix ke-19 di Amerika Serikat, itu bakal menjadi angka yang manis karena arena tersebut akan menjadi saksi balapan keseratus Vettel di Formula 1.

Dan Abbey bisa menjadi lebih seksi daripada Kyle.

BERBAGAI SUMBER | ANDY MARHAENDRA

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi