Carkoon, Kepompong Bayi Tahan Api
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 13 April 2012 00:57 WIB
Kursi bayi Carkoon (carkoon.com)

TEMPO.CO, London - Perkembangan teknologi kendaraan melaju dengan cepat, tapi tidak halnya dengan tepat duduk. Jok mobil lebih ditujukan pada kenyamanan bukan keamanan. Kini, peneliti asal Inggris memperkenalkan Carkoon, kursi bayi yang memiliki layar khusus yang tahan tabrakan dan api.

Kursi ini terbuat dari campuran carbon fibre dan kevlar yang kerap digunakan untuk kendaraan militer dan mobil Formula 1. Kursi bayi ini mengimplementasikan teknologi airbag terbaru yaitu active airbag technology. 

Dengan teknologi ini, sebuah penutup langsung aktif saat mendeteksi terjadi tabrakan, kebakaran, atau mobil terguling. Sebuah layar akan langsung terbuka 1/14 detik sehingga membungkus bayi seperti kepompong.

Laman resmi carkoon.com menulis, meski si bayi terbungkus, tempat duduk ini menyediakan oksigen yang bisa bertahan hingga 20 menit. Hebatnya lagi, jika proteksinya aktif, akan mengeluarkan sinyal serta koordinat untuk menunjukkan lokasi tempat kejadian.

Julian Preston-Powers dari Cool Technogies, Brighton, Inggris, mengatakan ia terinspirasi membuat kursi ini setelah mendengar seorang pemadam kebakaran mengalami luka parah setelah berusaha mengeluarkan bayi yang terjepit di bangku belakang. "Yang mengenaskan, dia gagal, sang bayi meninggal," katanya seperti dilansir laman dailymail.co.uk, Kamis, 12 April 2012.

Bagaimana dengan harga? Kursi yang rencananya akan dijual tahun depan itu dibanderol 499 pound sterling atau sekitar Rp 7,3 juta.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi