Ini Dia, 9 Mobil Terburuk 2012
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 April 2012 20:27 WIB
cadillac.com

TEMPO.CO, NEw York - Tak selamanya mobil mewah itu menjadi kendaraan yang baik. Karena dibuat oleh manusia, sebuah mobil pasti memiliki kekurangan yang kadang tak disadari. Sayangnya kekurangan itu lantas ditutupi oleh imej produk yang selangit serta harga jual yang relatif mahal. 

Consumer Reports 2012 yang dirilis majalah ekonomi Forbes memuat 10 mobil yang dinilai paling buruk. Ada beberapa kriteria yang ditetapkan diantaranya desain yang jelek, minimnya fitur keselamatan dan kenyamanan serta harga yang relatif mahal dibandingkan kualitas yang tersedia.

Entah kebetulan atau tidak, dari 10 mobil terburuk 8 diantaranya masuk dalam kelas SUV dan mini truk. Maklum saja, dari sisi kenyamanan mobil jenis ini tak bisa disandingkan dengan sedan atau kendaraan penumpang mengingat habitat sejatinya ialah perkebunan, area tambang hingga hutan belantara.   

Berikut 10 mobil terburuk versi Forbes

1. Cadillac Escalade

SUV mewah ini kerap dijuluki "king of Bling". Di Amerika, Escalade identik sebagai tunggangan pemain basket, penyanyi hip-hop dan rap serta pebisnis kelas atas. Sayangnya, kemewahan Escalade ternyata semu. Mobil ini memiliki rem yang kurang pakem, handling yang tak nyaman serta kursi belakang yang sempit. Tak sebanding dengan harga jualnya yang mencapai Rp 3 miliar.

2. Chevrolet Colorado/ GMC Canyon

Mini truk ini masuk kategori mobil terburuk lantaran akselerasinya yang payah, mesin yang terlalu berisik serta sederet kelemahan dalam handling, pengereman serta kenyamanan berkendara. Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) bahkan memberi gelar "low marks" untuk mobil ini.

3. Chevrolet Tahoe/GMC Yukon

Inilah versi "proletar" dari Cadillac Escalade. Tapi bukan desain yang dipersoalkan tim Consumer Reports Forbes. Mobil ini dinilai tak nyaman dari sisi handling serta pengereman. Kursi belakangnya tak bisa dilipat sempurna sehingga tak memberi ruang bagasi tambahan.

4. Dodge Avenger

Sedan Dodge Avenger sebetulnya telah mengalami perombakan besar-besaran tahun lalu. Mesinnya diganti dengan seri V6, desain dashboardnya pun dimodifikasi agar terlihat mewah. Sayang, pengujian yang dilakukan tim Consumer Reports 2012 menemukan kelemahan yang tak diperbaiki seperti mesin yang bising, visibilitas mengemudi yang tak nyaman serta kekurangan dari sisi akselerasi, pengereman, handling serta transmisi.

5. Dodge Ram 2500 Diesel

Pikap gambot ini dinobatkan sebagai "the most problematic vehicles in production". Selain kekurangan pada performa mesin dan kenyamanan, kemampuan derek (towing) serta kapasitas angkut mobil ini pun banyak dikeluhkan konsumen. Bahkan ground clearance yang terlalu tinggi kerap membuat pengemudi sulit masuk kabin.

6. Jeep Compass

Lantaran lebih terlihat sebagai kendaraan militer, SUV ini dinilai memiliki desain yang kaku dan pasif. Sayangnya Jeep Compass juga dikeluhkan konsumen lantaran mesin yang bising serta lemah dalam pengereman, kemampuan menikung (cornering) serta visibilitas mengemudi.

7. Jeep Liberty

Jip mewah ini dikeluhkan konsumen lantaran tak nyaman dikendarai. Selebihnya oke.

8. Jeep Wrangler Unlimited

Jeep Wrangler Unlimited mendapat skor terendah dalam hal kenyamanan mengemudi. Karena handling yang tak nyaman, mobil ini bahkan disebut-sebut rawan celaka.

9. Toyota FJ Cruiser

Desain grillnya mengingatkan kita pada jip Toyota kanvas dan hardtop lansiran tahun 1960 hingga 1980. Sayangnya, Consumer Report Forbes menilai SUV ini memiliki visibilitas yang kurang jelas, kendali yang kurang nyaman serta suara angin yang kerap masuk kabin.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi