Posisi Pole Hamilton Dicabut
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 13 Mei 2012 02:09 WIB
Pembalap Formula 1 McLaren, Lewis Hamilton, menginjak rem dalam seri Gran Prix F1 China di sirkuit Internasional Shanghai, China, Minggu (15/4). REUTERS/Carlos Barria

TEMPO.CO, Barcelona – Pembalap McLaren, Lewis Hamilton, kehilangan posisi start terdepan di GP Spanyol setelah melanggar peraturan dengan tak mengisi bensin dengan cukup dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Katalunya, Sabtu (12/5).

Pembalap asal Inggris ini mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi itu dengan catatan waktu 1 menit 21,707 detik atau lebih dari setengah detik lebih cepat dari pembalap Williams, Pastor Maldonado yang menduduki posisi kedua.

Tapi, Hamilton tak kembali ke pit setelah melewati garis finis melainkan menghentikan kendaraannya di trek dan harus dibantu untuk memasuki pit di mana sampel satu liter bensin diambil dari kendaraannya.

Hamilton pun diputuskan telah melanggar peraturan karena kendaraannya kekurangan bensin sehingga hasil yang dicatatnya dalam sesi kualifikasi dinyatakan tak berlaku dan juara dunia 2008 itu harus melakukan start dari posisi terakhir dalam sesi balapan, Minggu (13/5).

Sebagai gantinya, Maldonado akan melakukan start dari posisi terdepan diikuti pembalap Ferrari, Fernando Alonso, serta duet Lotus, Romain Grosjean dan Kimi Raikkonen.

Mereka diikuti oleh Sergio Perez (Sauber), Nico Rosberg (Mercedes) dan juara bertahan Sebastian Vettel (Red Bull).

Ini bukan kali pertama Hamilton dan McLaren membuat pelanggaran ini karena pada 2010 mereka juga pernah melakukannya di GP Kanada sehingga dijatuhi sanksi dan denda US$10 ribu.

AP | A. RIJAL

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi