Apa yang Baru di Honda New Freed?
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 20 Mei 2012 13:38 WIB
New Honda Freed. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Awal bulan April, Honda Prospect Motor meluncurkan model terbaru Honda Freed. Mereka menyebut mobil ini sebagai gaya keluarga generasi baru yang menghadirkan desain eksterior dan interior lebih stylish. "Dalam New Honda Freed ditambahkan fitur-fitur inovatif untuk kenyamanan berkendara," kata Direktur Pemasaran dan Purnajual PT HPM Jonfis kepada Tempo.

Mobil ini berkapasitas tujuh orang. Jarak antara kursi tengah dan depan memang lapang, namun untuk jarak bagi penumpang deretan belakang terasa sempit. Maklum, karena panjang New Freed hanya 4,2 meter, sehingga untuk kenyamanan, mobil ini baiknya dipakai untuk kapasitas empat orang.

Penyejuk udara di New Freed tidak berubah dibanding varian sebelumnya. Pihak Honda berkukuh tak memasang double blower pada New Freed, meski banyak penggunanya mengeluh pendistribusian air conditioner (AC) dalam mobil kurang efisien. Jika AC dipasang dalam skala minimal, penumpang deret tengah masih merasa kegerahan. Namun, ketika dinaikkan skalanya, awak di deret paling depan malah mengeluh kedinginan.

Namun, untuk soal kenyamanan, Honda tak akan membiarkan penumpangnya mengeluh terlalu lama. New Freed memberikan kompensasi yang kehadirannya kentara beda dibanding varian sebelumnya, yakni sepasang armset (penyangga lengan) di masing-masing kursi penumpang deret tengah. Kursi pun dilapisi penggunaan material yang lembut dan berkualitas tinggi di seluruh permukaan kursi.

Untuk pengemudi dan kursi penumpang depan, armset hanya dipasang di sisi dalam. Hal ini menambah aspek kenyamanan dalam mengendarai Honda Freed. Selain itu, pengemudi bisa mengatur tinggi-rendah kursi sesuai keinginan dengan fitur seat height adjustment. "Ketiga fitur di kursi ini tak ada di varian sebelumnya," kata Jonfis.

New Freed kali ini hadir dengan konsep open cafe dashboard yang membuat ruang depan mobil terasa lapang. "Konsepnya agar penumpang seperti merasa dalam sebuah kafe," kata Jonfis. Dasbor bertingkat ini disajikan dalam tampilan warna baru.

Di departemen suara, sistem audio New Freed dibuat lebih interaktif dengan sistem audio yang dilengkapi layar sentuh dan remote control untuk kemudahan memilih sumber hiburan.

Pengemudi yang doyan aspek futuristik, meter cluster New Freed tampil lebih modern dengan multi-layered meter cluster. Meski terlihat rumit, meter cluster ini diletakkan di tempat yang strategis untuk memudahkan pengemudi berkonsentrasi ke jalan. Alat penunjuk statistik penggunaan mobil ini pun hadir dalam warna baru yang lebih terang.

Satu fitur yang menarik perhatian dalam meter cluster adalah eco lamp. Ini adalah petunjuk bagi pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara. Gaya pengemudi akan diukur dan hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk lampu bertuliskan ECO yang menyala berwarna hijau di meter cluster. "Ini akan membantu pengemudi dalam membangun kesadaran akan penghematan bahan bakar," ujar Jonfis.

Seri baru ini mendapat polesan desain baru di sekeliling tubuh mobil. Di depan, front grille dibuat lebih mewah dengan lebih banyak menampilkan unsur krom. Lampu depan pun tampil lebih bergaya dengan desain baru dan tambahan fitur reflector. Sementara itu, bumper dibuat lebih dinamis dan tampak identik dengan pelindung depan milik New Honda Jazz.

Di bagian belakang, desain lampunya dibuat lebih lebar--kesan yang ingin dihadirkan Honda adalah mantap, modern, dan memukau. Selain itu, kaca belakang dan samping dilengkapi teknologi heat rejecting green tinted glass, yakni penangkal panas pada kaca yang membuat kabin semakin sejuk. Ini menjadi salah satu strategi Honda untuk memaksimalkan kenyamanan berkendara bagi penumpang di deret tengah dan belakang.

Tempo mendapat kesempatan untuk menjajal kemampuan mesin ini di trek cepat tol Cipularang, baik sebagai sopir maupun penumpang. Karena satu mobil diisi oleh tiga pewarta, maka ketiganya bergantian untuk mencecap bangku kemudi, kursi penumpang depan, dan kursi deret tengah.

Saat melaju, ayunan suspensi New Freed terasa nyaman, baik saat melintas jalan rusak dan bergelombang. Mobil ini didukung suspensi depan McPherson Strut stabilizer dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Untuk menjaga kenyamanan, dipasang pula fitur electric power steering yang membuat setir lebih ringan pada kecepatan rendah dan lebih mantap pada kecepatan tinggi.

Mobil ini berkapasitas 1.500 cc dengan transmisi otomatis lima kecepatan. Satu fitur tambahan adalah adanya transmisi D3 yang diakselerasikan lewat sebuah tombol di sisi luar transmisi saat masuk gigi D. Ini akan membuat mobil membatasi kecepatan hingga gigi 3. Transmisi ini cocok untuk tanjakan dan turunan yang membutuhkan engine brake.

Meski berubah secara fisik, mesin mobil ini sama sekali tidak diutak-atik. Makanya Honda menyebut mobil ini sebagai hasil operasi plastik (facelift). Hasil bedah rupa ini sukses, Honda New Freed jadi tampil lebih cantik.

Karakter mesin masih sama dengan versi lawas, tidak ada perubahan sama sekali, yakni i-VTEC 1,5 liter, yang diklaim bisa menghasilkan keseimbangan ideal antara efisiensi bahan bakar dan tenaga yang besar. Mesin yang khusus diciptakan untuk MPV kapasitas tujuh penumpang ini menghasilkan tenaga sebesar 116 PS dengan torsi maksimal 14,9 kgm/4.800 rpm. (Baca: New Honda Freed, Fitur Meningkat, Harga Turun)

M. ANDI PERDANA

Berita Lainnya:Model Terbaru Honda FreedAudi Targetkan Penjualan 700 UnitKuartal I, Nissan Sudah Jual 20 Ribu Unit KendaraanHonda Miliki 100 Dealer pada 2013 Mobil Hybrid Bebas Pajak 2013 New Honda Freed, Fitur Meningkat, Harga Turun

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi