Webber Cetak Rekor Baru F1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 Mei 2012 22:24 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-

Monako -- Pembalap asal Australia, Mark Webber, tampil sebagai juara di seri Grand Prix Formula 1 Monako kemarin. Ini kemenangan pertama Webber musim ini sekaligus mencatatkan rekor baru dalam buku sejarah Formula 1.

"Luar biasa. Benar-benar balapan yang sangat menarik. Saya menggunakan ban jenis lunak sehingga sulit membuatnya cepat hangat. Ini menjadi hari yang luar biasa bagi tim," kata Webber seusai balapan, seperti dikutip dari BBC.

Webber, yang memulai balap dari posisi terdepan, menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1 jam 46 menit 6,557 detik. Disusul Nico Rosberg dari tim Mercedes dengan selisih waktu 0,6 detik. Sedangkan posisi ketiga ditempati Fernando Alonso dengan selisih waktu 0,3 detik dari Rosberg.

Ini juga kemenangan pertama Webber sejak seri Grand Prix di Brasil akhir musim lalu dan menjadi kemenangan kedelapan sepanjang kariernya. Dengan hasil tersebut, Webber menempati peringkat ketiga klasemen dengan 73 poin. Puncak klasemen sementara masih dipegang Fernando Alonso dengan 76 poin, disusul juara musim lalu, Sebastian Vettel, dengan koleksi 73 poin.

Kemenangan Webber ini sekaligus mencatatkan rekor baru dalam sejarah Formula 1. Sebab, dari enam seri balapan yang telah digelar musim ini, semuanya melahirkan juara baru. Lima seri sebelumnya, secara berturut-turut dimenangi Jenson Button, Fernando Alonso, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Pastor Maldonado.

Rekor sebelumnya terjadi pada musim 1983. Saat itu lima seri grand prix secara berturut-turut dimenangi pembalap berbeda. Mereka adalah Nelson Piquet, John Watson, Alain Prost, Patrick Tambay, dan Keke Rosberg.

Webber sendiri tampil cukup dominan kemarin malam. Pembalap dari tim RedBull-Renault tersebut langsung tancap gas sejak awal. Bermodal ban jenis kompon supersoft, ia sukses melahap 78 lap tanpa masalah. Adapun rekan satu timnya, Sebastian Vettel, menggunakan ban jenis soft. Ia harus puas finis di urutan ke-4.

RedBull Racing kali ini memang cukup cerdik. Mereka mengaplikasikan dua jenis ban berbeda untuk dua pembalap mereka. Webber diberi ban dengan jenis super lunak, sementara Vettel dibekali ban berkompon lunak. Dengan kondisi aspal yang sempat diguyur hujan, taktik ini memberi mereka pilihan juara: jika bukan Webber, ya, Vettel.

REUTERS | Dwi Riyanto Agustiar

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi