Lorenzo Kian Mendominasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 3 Juni 2012 20:41 WIB
Pembalap tim Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo mengangkat piala di podium, merayakan kemenangannya pada seri balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol (3/6). REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Barcelona - Pembalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, semakin menunjukkan dominasinya di ajang motogp setelah menjadi yang terdepan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Ahad, 3 Juni 2012. Ini menjadi kemenangan ketiga dari lima seri balapan yang telah berlangsung musim ini.

"Saya tidak ingin melakukan sesuatu yang gila karena tadi sangat dekat jaraknya. Kami bisa saja tabrakan dan sama-sama berakhir di tanah," kata Lorenzo. "Saya hanya perlu bersabar menunggu kesempatan dan saya berhasil mendapatkannya."

Lorenzo melahap 25 lap dengan catatan waktu 43 menit 7,681 detik. Sementara pembalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, menempati posisi kedua disusul pembalap tim Yamaha Tech 3 Andrea Dovizioso. Sementara Casey Stoner yang memulai balapan dari pole position harus puas di posisi ke-4.

Jorge Lorenzo memulai balap dari posisi ke-2. Ia sempat disodok Pedrosa dan Ben Spies yang tampil garang di lap pertama. Keduanya bahkan mengasapi Stoner hingga pembalap berdarah Australia ini melorot dari pole posisition ke posisi ke-5.

Sial bagi Ben Spies. Tampil ngotot di awal justru membawa petaka baginya. Pembalap tim Yamaha Factory Racing ini tergelincir saat berusaha merebut posisi pertama dari Pedrosa di lap ke-3. Ia terjatuh namun bisa melanjutkan balapan meski dari posisi buncit.

Pedrosa memimpin hingga lap ke-6 sebelum posisinya diambil alih Lorenzo. Sementara Dovizioso yang berada di posisi ke-3 terus dibayangi Stoner. Namun di lap-ke11, Pedrosa kembali mamaksa Lorenzo turun ke posisi ke-2.

Duel Pedrosa dan Lorenzo semakin sengit saat memasuki lap ke-18. Kedua pembalap kini terpisah dari Davizioso dan Stoner. Lorenzo terus menempel Pedrosa hingga motornya nyaris mencium buritan motor Pedrosa. Namun baru pada lap ke-19 ia berhasil menyalip Pedrosa.

Kali ini Pedrosa gagal merebut kembali posisi pertama. Lorenzo melaju terlalu kencang dan terus tak terkejar hingga garis finish. Pertarungan seru berpindah ke posisi ke-3 yang diperebutkan Stoner dan Dovizioso. Namun, meski berulangkali nyaris melewati Dovizioso, ia selalu gagal menemukan celah.

Hasil ini memantapkan Lorenzo di puncak klasemen sementara dengan total 115 poin. Disusul Casey Stoner dengan total 95 poin dan Dani Pedrosa dengan 85 poin.

"Saya kira saya bisa tampil baik hingga akhir pertandingan tapi saya harus puas di posisi ke-2. Saya telah berusaha sekuat tenaga tapi sangat sulit mengendalikan motor saat pengereman di lap terakhir," kata Perdosa.

Reuters | Dwi Riyanto Agustiar

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi