Mercedes Perkenalkan Seri Kompak Terbaru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 6 Juni 2012 17:00 WIB
Peluncuran Mercedes-Benz B-Class di gedung Sampoerna Strategic Square, Sudirman, Jakarta, Rabu (6/6). PT Mercedes-Benz Indonesia resmi mengumumkan dimulainya penjualan mobil tersebut untuk pasar nasional. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Mercedes-Benz Indonesia merilis salah satu seri kompak terbarunya hari ini, yaitu Mercedes-Benz B-200. Kendaraan premium yang merupakan perbaikan seri Mercedes-Benz B Class yang dirilis 2005 lalu ini akan menyasar kalangan kelas menengah perkotaan Indonesia.

“Kami optimistis dengan pasar Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia, Claus Weidner, saat peluncuran di Jakarta, Rabu, 6 Juni 2012. Pertumbuhan industri otomotif Indonesia memiliki prospek menjanjikan di masa datang. Indonesia, kata dia, menjadi pasar Mercedes terbesar di Asia Tenggara.

Saat ini masyarakat membutuhkan kendaraan sport utility vehicle dengan sedan. Kendaraan yang dibanderol dengan harga Rp 439 juta off the road Jakarta ini diyakini merupakan perpaduan kendaraan sport utility vehicle dan sedan itu.

Menurut Weidner, kendaraan ini pas bagi mereka yang memiliki keluarga kecil, ataupun untuk berjalan-jalan bersama teman atau untuk bepergian ke kampus. B-200 merupakan tipikal kendaraan sport Mercedes. Kendaraan lima penumpang ini memiliki tampilan elegan dengan tiga pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan putih.

Tampilan depan kendaraannya menampilkan grill radiator yang dibuat menyatu dengan lampu utama yang membentang hingga ke sisi bodi. Jendela besar di bagian belakang dipadukan dengan sepasang lampu horizontal dan menyatu dengan pintu.

Mercedes mengklaim mobil memiliki nilai hambatan angin setara dengan station wagon, yaitu 0,27 cd. Pada sisi yang lebih detail, aliran udara dilakukan di sejumlah titik seperti roda depan, desain di bawah bodi, dan aliran udara untuk pendingin.

Product Manager PT Mercedes Benz Indonesia, Yahya, menuturkan generasi pertama tipe ini terjual lebih dari 500 ribu unit di seluruh dunia. Salah satu keunggulan kendaraan ini adalah konsumsi bahan bakar yang hemat.

Kendaraan ini membutuhkan 5,9 liter untuk menempuh jarak sejauh 100 kilometer. Nilai emisi karbon yang dihasilkan sebesar 138 gram per kilometer. “Konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 12 persen dibandingkan seri sebelumnya,” kata Yahya.

Jika pedal ditekan saat posisi diam, kendaraan otomatis akan mati. Menurut dia, sistem ini berguna untuk menghemat bahan bakar terutama di perkotaan yang penuh kemacetan.

Pada sistem kemudi, mobil ini dilengkapi dengan 7G Double Clutch Transmission. Pada sisi keamanan, B200 menyematkan active assistant parking untuk membantu pengemudi saat mencari posisi parkir. Selain itu kendaraan ini juga dilengkapi dengan balon udara untuk pengemudi dan penumpang di bagian depan.

Kendaraan berkapasitas 1,6 liter ini diklaim membutuhkan waktu selama 8,4 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam. Kecepatan maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 220 kilometer per jam.

I WAYAN AGUS PURNOMO

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi