Menjelang Finish, Stoner Malah Tergelincir  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 8 Juli 2012 20:00 WIB
Pembalap tim Honda Dani Pedrosa (atas) berkompetisi rekan setimnya Casey Stoner di sikuit Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal Jerman (8/7). REUTERS/Remote/Thomas Peter

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, tergelincir hanya beberapa tikungan menjelang finish di MotoGP Jerman, Ahad, 8 Juli 2012. Padahal, Stoner yang start dari pole position mendominasi hampir di seluruh lap bersama rekan setimnya, Dani Pedrosa.

Stoner dan Pedrosa tampil impresif dengan menempati urutan kesatu dan kedua, meskipun di awal balapan, pembalap Yamaha Jorge Lorenzo sempat mengganggu dominasi duo pembalap berstiker Satu Hati itu.

Pertarungan antara Stoner dan Pedrosa berlangsung ketat, apalagi saat Dani Pedrosa berhasil menyalip Stoner ketika balapan menyisakan 11 putaran lagi. Sementara itu, Lorenzo mencoba mendekati Stoner yang berada di posisi kedua, tidak mampu mengimbangi, dan lebih memilih bermain aman meskipun tertinggal hingga 14 detik dari Stoner di dua lap terakhir.

Di lap terakhir, Stoner yang terus berada di belakang Pedrosa, mencoba melawan. Stoner mencoba mendekati Pedrosa dari sisi kanan di tikungan ke kiri. Namun Stoner bernasib sial, alih-alih menyusul Pedrosa, Stoner malah tergelincir dan jatuh ke hamparan pasir. Lebih sial lagi, garis finish hanya tinggal beberapa tikungan di depannya.

Stoner yang terjatuh mencoba berlari ke motornya, namun ia mengurungkan niatnya kembali ke lintasan balap, lantaran kondisi motornya rusak. Pertarungan sengit bukan hanya terjadi di depan. Di kloter kedua, pembalap Tech 3 Yamaha, Cal Crutchlow, yang start dari posisi 4 melorot ke posisi 11 saat balapan menyisakan lima putaran lagi, karena dia berbelok terlalu melebar sehingga keluar jalur. Padahal, ia cukup konsisten berada di posisi 5 sepanjang balapan.

Rekan setim Crutchlow, Andrea Dovizioso, berhasil menyelesaikan balap di posisi 3. Dovioso mampu menunjukkan taringnya, apalagi ia memulai balapan dari posisi 8. Sedangkan pembalap Ducati Valentino Rossi tampil cukup baik di sirkuit yang pada akhirnya jadi sedikit basah karena taburan gerimis. Rossi yang memulai balapan dari posisi 9, bisa menyalip satu persatu pembalap di depannya, sehingga menempati posisi 6 pada akhir balapan.

MUHAMAD RIZKI

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi