Sesi II Uji Coba F1, Rio Puas Jajal 79 Putaran  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 14 Juli 2012 12:28 WIB
Pada hari pertama, program Rio sempat terganggu oleh masalah kebocoran cairan di mesin dan cuaca buruk. Namun Jumat (13/7) pagi waktu setempat di Inggris ia sukses menggantikan kerugian waktunya dengan menjalankan total 79 putaran untuk menyelesaikan program evaluasi pebalap. Rio juga telah menggunakan sesi tersebut untuk membantu tim malakukan penyetelan mobil dalam rangka pengecekan kelayakan paket upgrade dengan komponen-komponen barunya dalam mobil MR-01. Alastair Staley/LAT Photographic

TEMPO.CO, Silverstone - Uji coba Formula 1 sesi kedua dimanfaatkan optimal oleh Rio Haryanto. Kali ini, pembalap Pertamina Marussia Carlin GP2 Team ini berhasil mendapatkan kesempatan menjajal Formula 1 hingga 79 putaran di Silverstone Circuit, Northampton.

Rio mendapat giliran uji coba program Formula 1 Young Driver Test dari Marussia F1 Team sesi kedua pada Jumat pagi, 13 Juli 2012. Rekan setimnya, Max Chilton, mendapat kesempatan setelah Rio.

Pada program sesi pertama, Rio hanya mendapat kesempatan menjajal mobil MR-01 sebanyak 19 putaran karena ada masalah kebocoran cairan di mesin dan cuaca buruk. Namun sesi kedua berjalan lancar, sehingga ia sukses menggantikan kerugian waktunya menjalankan total 79 putaran untuk menyelesaikan program evaluasi.

Tak hanya itu, pada sesi kedua ini, Rio ikut membantu tim melakukan penyetelan mobil dalam pengecekan kelayakan paket upgrade dengan komponen-komponen barunya dalam mobil MR-01. 

"Sesi ini memberi saya pengalaman positif tentang Marussia F1. Kami berhasil mendapatkan 79 putaran, tentunya jumlah yang fantastis dan memberikan pengalaman berharga buat saya," kata Rio dalam keterangannya, Sabtu, 14 Juli 2012.

Pembalap kelahiran Solo, 19 tahun lalu ini, mengaku mendapat banyak pengalaman berharga bagi karier balapnya. "Program tadi cukup sulit karena banyak hal-hal baru dan sangat berbeda buat saya. Tim telah membuat saya bekerja keras, tapi hal seperti itulah yang saya perlukan untuk saya bisa menunjukkan potensi saya yang sebetulnya," ujarnya. 

John Booth, Team Principal Marussia F1 Team, menilai Rio dan Chilton telah menunjukkan kemampuannya dengan baik. Kedua pembalap, kata Booth, telah melakukan lebih dari 350 kilometer selama sesi dua hari. "Mereka telah menjalankan pekerjaannya dengan sangat baik, dengan pengalamannya yang masih sangat minim," katanya.

Menurut Booth, Rio dan Chilton telah membantu timnya mendapatkan solusi dari sejumlah masalah soal setting-an mobil yang mereka hadapi di seri Grand Prix yang lalu. "Ini memberikan pengalaman berharga buat kedua pihak. Saya sangat terkesan melihat kedua pembalap," ujarnya. "Mereka telah bekerja keras untuk mendapatkan kesempatan ini dan benar-benar memanfaatkannya secara optimal."

RINA WIDIASTUTI

Berita terkait:Sesi I Uji Coba F1, Rio Hanya Jalani 19 Putaran  Rio Haryanto Jajal Formula 1Chandra Alim: Rio Punya Modal ke F1Blakblakan dengan Rio Haryanto Soal F1 Balapan Feature Silverstone, Rio Start Posisi 12

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi