Rossi Beberkan Kelemahan Motor Ducati
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Rabu, 29 Agustus 2012 21:22 WIB
Valentino Rossi. REUTERS/Mohammed Dabbous

TEMPO.CO, Brno - Pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP, Valentino Rossi, mengatakan motor Ducati yang kini dikendarainya memiliki kelainan dan kesulitan sendiri. Sangat berbeda dengan motor Honda atau Yamaha. Untuk itulah ia mendoakan Andrea Dovizioso yang kelak akan mengganti Rossi di Ducati, bisa sukses.

"Saya doakan Dovi semoga berhasil, karena mengendarai motor Ducati dan memacunya hingga limit itu rasanya sangat berbeda," kata Rossi seusai menyelesaikan balapan di seri MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, 24 Agustus 2012, sebagaimana dikutip Visor Down, Rabu, 29 Agustus 2012.

Mulai musim depan, Rossi akan kembali ke tim yang telah bersamanya selama tujuh tahun, Yamaha. Ia berharap bisa mengulang kejayaan. Bersama Yamaha, The Doctor pernah meraih empat kali gelar Juara Dunia MotoGP.

Hengkangnya Rossi dilandasi kekecewaannya terhadap Ducati yang tak kunjung kompetitif. Prestasi pebalap yang selalu mengenakan nomor 46 itu begitu buruk bersama Ducati, ia hanya dua kali naik podium tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Di Balapan Sirkuit Brno Jumat lalu, motor Ducati yang dipacu Rossi terlihat beberapa kali mengeluarkan asap tebal dari knalpotnya, setelah melewati trek panjang. Pebalap berusia 33 tahun itu tak dapat mempertahankan posisi lima yang susah payah diraihnya, dan harus rela finis di posisi tujuh.

Sebelumnya, kabar keinginan Rossi hengkang membuat Ducati segera berbenah. Mereka menggandeng pabrikan mobil asal Jerman, Audi, untuk bekerjasama memperbaiki motor Ducati Desmosedici. Akan tetapi, Rossi tak mengubah keputusannya untuk pindah ke Yamaha.

Presiden Ducati, Gabriele del Torchio, mengatakan pihaknya akan segera merombak Departemen Balap, dan mengoptimalkan teknologi pada motornya, Desmosedici. "Kami akan mencoba menerapkan teknologi kelistrikan mobil Audi," katanya.

Ketika ditanya soal langkah Ducati berbenah diri, Rossi hanya tersenyum. "Saya pikir nantinya akan ada banyak perubahan pada Ducati. Saya hanya berharap mereka berhasil menyelesaikan masalah-masalah pada motor mereka, sehingga bisa lebih kompetitif," katanya.

Terkait Dovisioso, pembalap Ducati mulai musim depan, Rossi tak bisa memprediksi apakah akan bisa sukses atau justru akan terpuruk. "Sulit dikatakan sekarang."

VISOR DOWN | MUHAMAD RIZKI

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi