Menjajal Rasanya Naik Heli Taksi
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Kamis, 13 September 2012 12:51 WIB
Penumpang naik heli taksi dari Bandara Soekarno-Hatta ke kawasan Sudirman, Jakarta. (Rini K/Tempo)

TEMPO.CO, Jakarta - Helikopter taksi menjadi pilihan untuk mengatasi keruwetan lalu lintas di Jakarta. Dengan moda angkutan melalui udara ini, setiap penumpang bisa memangkas waktu ketimbang 'tua di jalan'. Tempo sempat menjajal naik heli taksi dari Bandara Soekarno-Hatta ke kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis, 13 September 2012.

Helikopter taksi ini bisa memuat empat penumpang, satu pilot, dan kopilot. Sebagaimana naik taksi, ketika masuk ke heli taksi ini, kesegaran langsung terasa karena menggunakan penyejuk udara.

Di dalamnya, terdapat sofa yang dilapisi bahan kulit berwarna krem dan disusun berhadapan. Di antara kursi terdapat camilan dan beberapa botol air mineral.

Selama 8 menit perjalanan dari bandara ke Sudirman, telinga Anda harus siap dengan suara bising dari baling-baling helikopter.

Sebelum naik heli taksi, setiap penumpang diberi pengarahan oleh Helicopter Landing Officer (HLO). Aturannya, di dalam helikopter tidak ada bagasi, tidak boleh memakai payung, dan syal sebaiknya dilepas karena dikhawatirkan terlepas dan tersangkut di baling-baling.

Penumpang juga dipandu sebelum menaiki helikopter. Arahnya harus dari depan atau samping dan tidak boleh masuk dari arah belakang badan heli. Ketika situasi genting, penumpang juga diminta tidak panik. Apabila pintu helikopter macet, penumpang dapat menendang jendela heli untuk menyelamatkan diri.

Sayangnya, helikopter taksi ini hanya berangkat dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta ke kantor pusat BNI di Jalan Sudirman, Jakarta. Wajar saja, layanan tersebut memang disediakan bagi nasabah BNI Emerald. Nasabah BNI Emerald merupakan penabung yang memiliki total asset under management sebesar Rp 3 miliar.

Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Felia Salim mengatakan, di bandara, nasabah bisa memanfaatkan Emerald Lounge yang ada di Terminal 2F. Setibanya di kantor pusat BNI, mereka bisa rehat sejenak di lounge yang terletak di lantai 32.

"Layanan ini bisa menyelamatkan waktu nasabah kami 2-3 jam ketimbang harus mengalami macet di jalan," ujar Felia.

RINI K

Berita Lainnya:Busana Gywneth Paltrow Kalahkan Kate Middleton Bos Koperasi Langit Biru Tewas di Tahanan Basis RIM di Indonesia Melemah Tergerus Android Pangeran William Ingin Punya Dua Anak Hartati Murdaya Tak Takut Walau Ditembak MatiBaasyir Kirimi SBY Buku ''Demokrasi Bisikan Setan''

#Transportasi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi