Buat Sedan Listrik, Fisker Dimodali US$ 100 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 27 September 2012 12:31 WIB
Mobil Fisker Karma. theexpensivecars.com

TEMPO.CO, Los Angeles - Produsen mobil listrik dan hibrida kelas premium, Fisker Automotive Inc, meraih tambahan modal US$ 100 juta dari investor swasta untuk mengembangkan sedan terbaru. Desain Atlantic, sedan listrik terbaru Fisker, rencananya diperkenalkan pada Desember 2012.

Laman autonews.com mengabarkan, suntikan dana segar ini menambah modal Fisker menjadi US$ 1,2 miliar. "Dana tambahan ini bakal mendorong pengembangan teknologi mobil listrik untuk sedan sport premium," kata Ditrektur Utama Fisker Tony Posawatz pada Kamis, 27 September 2012.

Investasi baru ini merupakan bantuan ketiga yang diterima Fisker. Pada 2009, pabrikan yang bermarkas di Anaheim, California, itu menerima pinjaman US$ 529 juta dari Departemen Energi Amerika Serikat untuk mengembangkan mobil listrik dan hibrida.

Fisker juga dibantu perusahaan pemodal seperti Kleiner Perkins Caufield & Byers serta Palo Alto Investors. Pada Juli 2012, aktor Leonardo DiCaprio dikabarkan menginvestasikan sebagian uangnya untuk mempromosikan mobil Fisker.

Tambahan investasi tersebut diumumkan Fisker sehari setelah sedan hibrida buatannya, Karma, menuai kritik dari majalah Consumer Reports. Majalah itu tak merekomendasikan konsumen untuk membeli Karma. Sebab, sedan yang dibanderol US$ 103 ribu tak memiliki kualitas yang baik, dari sisi desain interior maupun standar keamanannya.

Meski motor listriknya cukup tangguh, bisa menempuh jarak 64 kilometer tanpa dibantu mesin bensin, toh Karma tak luput dari cacat. Pada 2010, Fisker me-recall sedan tersebut lantaran masalah pada baterai lithium-ion dan komponen pendingin mesinnya.

FERY FIRMANSYAH

Berita ekonomi lainnya:Bea Cukai Beli Anjing Pelacak Rp 450 JutaIndonesia Menambah Utang Rp 2,85 Triliun 2015, Instalasi Listrik ke Malaysia Terpasang Tingginya Permintaan Dolar AS Lemahkan Rupiah Harga Perkantoran Ciputra Naik 55 Persen Genjot Pertanian, Butuh Tambahan Lahan 1 Juta Ha

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi