KIA Yogya Klaim "Ganggu" Pangsa Pasar Mobil Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Minggu, 4 November 2012 15:40 WIB
KIA. AP/Ahn Young-joon

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil asal Korea Selatan, KIA Motor, mulai menguatkan pasar dengan membanjiri kendaraan roda empat kategori mobil perkotaan atau city car, seperti KIA Picanto dan KIA Rio. KIA juga membidik segmen sport utility vehicle (SUV) lewat KIA Sportage yang terlihat gagah dan elegan.

"Target penjualan kami sudah terlampaui," kata Kepala Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta PT Kia Mobil Indonesia, Timotius Amran, Ahad, 4 November 2012.

Dampaknya, mobil keluaran Jepang yang mendominasi pasar mulai "terganggu" oleh produk-produk unggulan KIA. Di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, KIA telah menjual lebih dari 850 mobil yang menjadi targetnya.

Amran menjelaskan, masyarakat banyak membeli mobil untuk keperluan perkotaan. All New Picanto merupakan mobil perkotaan yang banyak diminati. Minat terhadap KIA Rio dinilai akan "mengganngu" penjualan mobil sejenis seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. "City car lebih efisien dan simpel. Di jalanan perkotaan bisa fleksibel dan irit bahan bakar," kata dia.

Sekitar 60 persen penjualan KIA di Daerah Istimewa Yogyakarta didominasi All New Picanto. Mobil ini cocok untuk anak muda maupun para eksekutif yang ingin mobil andal dan mudah dioperasikan.

Sementara untuk mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) Rio, market share-nya masih berkisar 11 persen. Ini terjadi karena All New Rio masih tergolong baru. "KIA juga memberikan total garansi mesin hingga 5 tahun atau 150 ribu kilometer," kata dia.

Menurut Marketing Communication PT KIA Mobil Indonesia, Ridjal Mulyadi, pasar otomotif Daerah Istimewa Yogyakarta terus bertumbuh. KIA berkontribusi sekitar 10 persen dari total penjualan nasional. "Tahun ini kami menargetkan 12 ribu mobil terjual di Indonesia, tahun lalu 9.081 unit," kata dia.

MUH. SYAIFULLAH

Berita TerpopulerPenjualan Mobil Impor di Korea Cetak Rekor BaruMPV Keluarga Modern dan TerdepanFord GT40 McQueen, Mobil Lelang Termahal di DuniaRasa Nissan Evalia, Penantang Baru Mobil Keluarga18 Tim Mahasiswa Ikut Shell Eco-Marathon Asia 2012 Cerita di Balik Desain Mewah Toyota Venza 2013

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi