Berpacu di Transmisi Tinggi
Reporter: Tempo.co
Editor: Kodrat setiawan
Minggu, 25 November 2012 08:08 WIB
Transmisi Otomatis 9 Speed. Zf.com

TEMPO.CO, Singapura - Dalam enam tahun terakhir, kita menjadi saksi revolusi perkembangan sistem transmisi otomatis. Pada 2006, peluncuran sistem kemudi 6-speed (enam kecepatan) menyedot perhatian publik dan hingga kini mendominasi kendaraan penumpang kelas premium.

Demi mengejar efisiensi, produsen otomotif melangkah lebih cepat dan memperkenalkan teknologi tujuh dan delapan kecepatan. Meski model dua gearbox itu belum banyak beredar, sekarang ada lagi sistem kemudi 9-speed alias sembilan kecepatan yang bakal meluncur pada pengujung tahun ini.

Prinsip lebih banyak transmisi yang berarti lebih efisien menjadi pijakan para pelaku industri otomotif. Ya, sistem transmisi 8-speed (delapan kecepatan), yang diluncurkan tiga tahun lalu, diklaim 11 persen lebih hemat bahan bakar dibanding pendahulunya. Demikian pula yang terbaru ini.

“Teknologi 9-speed lebih hemat 12 hingga 16 persen, dan mesin lebih halus sehingga mobil lebih nyaman,” kata Markus Wittig, General Manager ZF Asia-Pacific, di sela peringatan 25 tahun kehadiran perusahaan asal Jerman itu di Asia-Pasifik, di Singapura, September lalu.

ZF Friedrichshafen AG (ZF Group), atau biasa disingkat ZF, adalah perusahaan spesialis di bidang riset, pengembangan, dan manufaktur di bidang otomotif yang berbasis di Jerman. ZF mengklaim sebagai yang pertama memproduksi sistem transmisi sembilan kecepatan ini. Model ini akan mulai digunakan oleh pabrikan mobil awal tahun depan.

Teknologi sistem kemudi buatan ZF ini dirancang untuk penggerak roda depan, tapi bisa dikembangkan menjadi penggerak semua roda (all-wheel drive). Getaran mesin menjadi halus karena perpindahan gigi yang rapat sehingga nyaris tidak ada entakan. Walhasil, mesin selalu berputar pada kecepatan ideal dan pasokan bahan bakar lebih stabil.

Sebagai contoh, bila menggunakan sistem transmisi 6-speed, mesin akan berputar 2.600 rpm bila mobil meluncur dengan kecepatan 120 kilometer per jam. Tapi, dengan transmisi 9-speed, mesin cukup berputar 1.900 rpm.

Menurut Wittig, sistem transmisi ZF yang dinamai 9HP itu tersedia dalam dua pilihan torsi, yaitu 280 dan 480 Nm. Teknologi yang dirancang dan diproduksi di Amerika Serikat ini dilengkapi sensor yang mampu menyesuaikan kerja mesin dan memindahkan gigi sesuai dengan kecepatan dan medan tanpa disadari pengemudi.

Industri otomotif memang terus berpacu meningkatkan transmisi. Untuk kendaraan roda dua alias sepeda motor, sistem transmisi yang digunakan bahkan sudah melebihi 15-speed. David Petrovski, analis dari IHS Automotive, mengatakan, transmisi otomatis dengan lebih banyak gigi (transmisi) menjadi tren teknologi otomotif saat ini.

“Produsen mobil mengganti mesin dengan turbocharged yang lebih kecil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, namun menghasilkan tenaga yang maksimal,” katanya seperti dikutip harian The New York Times.

“Hemat” dan “nyaman” menjadi dua kata kunci dari teknologi terbaru 9-speed. Ini pula yang membuat dua raksasa otomotif Amerika Serikat di Detroit melupakan persaingan dan bekerja sama untuk mengembangkan teknologi 9-speed.

The New York Times melaporkan, General Motors dan Ford segera mengumumkan kesepakatan kerja sama pembuatan sistem kemudi 9-speed. Kesepakatan itu sekaligus mengantisipasi peraturan tentang keekonomisan bahan bakar yang berlaku di Eropa dan akan diterapkan di Amerika Serikat pada 2017.

Di kalangan pabrikan mobil, Mercedes-Benz akan meluncurkan varian terbarunya yang akan menggunakan teknologi transmisi 9-speed akhir tahun ini. Rencananya, Mercy S-Class terbaru akan dipamerkan di Geneva Motor Show, Maret 2013.

Pabrikan lainnya, Honda dan Acura, akan memasarkan produk yang dilengkapi transmisi 9-speed ini mulai 2014. Ketiga pabrikan itu menggunakan teknologi transmisi buatan ZF. Teknologi yang rumit membuat sistem transmisi ini sepertinya masih terbatas pada kendaraan penumpang kelas premium.

ADEK MEDIA (SINGAPURA)

Berita lain:Reli Toyota Berbambu Runcing Pecahkan Rekor Muri Adu 30 Mobil Irit di SurabayaNissan Bangun 100 Rumah untuk Warga Miskin 8 Karoseri Kantongi Sertifikat Mercedes-Benz

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi