Vettel Raih Juara Termuda Ketiga Kali
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Senin, 26 November 2012 17:44 WIB
Sebastian Vettel. AP Photo/Greg Baker

TEMPO.CO, Sao Paulo - Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, meraih gelar termuda untuk ketiga kali dalam pertandingan Formula 1 di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Brasil, Ahad lalu waktu setempat. Ia mengalahkan Fernando Alonso dari Ferrari, yang meraih podium di posisi kedua.

Vettel yang kini berusia 25 tahun berjuang hebat untuk mendapatkan posisi terbaik di ajang Formula 1. Pasalnya, ia sempat mengalami kecelakaan pada putaran pertama. Namun, posisinya aman ketika ia berhasil menyelesaikan pertandingan di urutan keenam.

"Kamulah juara dunia ketiga kalinya. Kamulah juaranya," kata Ketua Tim Red Bull, Christian Horner, kepada Vettel melalui sambungan komunikasi internal tim, ketika pembalap asal Jerman itu berhasil melewati garis finis.

Vettel mengaku pertandingan kali ini adalah yang terberat sepanjang kariernya. Ia mengakhiri musim ini dengan 281 poin, sementara Alonso 278. Disusul Kimi Raikkonen dari Lotus dengan nilai 207.

Sebelumnya, Vettel dan Alonso terpaut 13 poin. Keduanya berpeluang menjadi juara. Salah satu kemungkinan menyebut Alonso dapat meraih gelar juara bila ia berada di podium kedua, tetapi Vettel di urutan ketujuh.

"Sangat sulit untuk mengungkapkan perasaan saya, apalagi setelah balapan ini. Saya kira segala sesuatunya dapat berlangsung tidak mulus," kata dia, yang menjadi juara berturut-turut sejak 2010 ini.

Cuaca di Brasil saat itu hujan. Vettel mulai di urutan keempat, tapi kemudian ia tabrakan dengan pembalap Brasil, Bruno Senna, dari Williams di putaran pertama.

Alonso pun mengaku bahwa pertandingan terakhir di Interlagos adalah momen yang berat di tengah langit yang mendung. "Kami telah kehilangan gelar juara sebelum bertanding di Brasil," kata dia. Menurut dia, risiko tabrakan dapat terjadi di setiap putaran.

Final Grand Prix F1 ini diraih oleh pembalap asal Inggris, Jenson Button, dari Mercedes McLaren. Ia pernah menang di Australia, dan keberhasilannya kali ini menjadi podium ke-15 sepanjang kariernya.

Sementara itu, Lewis Hamilton dari McLaren, yang memimpin pole, tidak bisa melanjutkan permainan karena kecelakaan. "Saya senang berada dalam tim ini. Kami pernah menang," kata dia, yang tahun depan akan bergabung dengan Mercedes. Sepanjang musim ini, ia menang empat kali, yakni di Kanada, Hungaria, Italia, dan Amerika Serikat. Ia meraih gelar juara bersama tim McLaren pada 2008 lalu.

Adapun juara tujuh kali, Michael Schumacher, dari Mercedes meraih urutan ketujuh dalam pertandingan itu. Ia disusul rekan senegaranya, Vettel.

Kedua pembalap Jerman itu saling menatap ketika berada di finis. "Saya bangga kepadanya (Vettel), dan dia adalah teman yang baik, dan mari kita lihat apa yang terjadi dengan dia di masa depan," kata dia, yang pensiun dari balapan tahun ini.

Staf Red Bull langsung mengenakan kaus bertuliskan "V3ttel" ketika pesta champagne dimulai seusai pertandingan. Vettel memeluk Alonso dan bosnya, Stefano Domenicalli.

REUTERS | MARTHA WARTA S

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi