Mika Hakkinen: Rio Haryanto Bisa Tanding di F1
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Kamis, 29 November 2012 20:53 WIB
Juara Dunia Formula 1 dua kali sekaligus Duta Besar Johnnie Walker, Mika Hakkinen membuka penutup super car Caparo di pelataran Bluegrass Bar & Grill, Rasuna Epicentrum, Jakarta, Kamis (29/11). TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.COJakarta - Mantan juara Formula 1, Mika Hakkinen, mengatakan pembalap Indonesia Rio Haryanto dapat bertanding di balapan Formula 1. “Saya mengikuti perkembangan dia. Saya tahu dia bagus,” kata Mika kepada Tempo, saat berkunjung ke Jakarta, kemarin. 

Mika mengatakan beberapa kali membaca tentang prestasi Rio lewat media. Meski tidak terlalu sering. Menurut dia, Rio yang kini bermain di GP2  bisa masuk ke pertandingan F1 maksimal dalam waktu tiga tahun. “Dia masih muda dan masih punya waktu. Kira-kira perlu waktu sepuluh tahun untuk meraih kesuksesan” kata juara dunia dua kali berturut-turut ini. 

Namun ia mengaku bahwa untuk masuk ke F1 memerlukan manajemen yang baik dan keuangan yang cukup. “Perlu manajemen yang bagus untuk membuka pintu peluang ke Formula 1,” kata dia yang juga melatih pembalap-pembalap muda asal negaranya di Finlandia. 

Pria kelahiran 44 tahun silam itu mengunjungi Indonesia sebagai Duta minuman Johnnie Walker untuk kampanye sosial Join the Pact "Responsible Driving"—program yang digelar sejak akhir 2006 lalu. Tujuan kampanye untuk mempromosikan agar pengemudi tidak mabuk saat menyetir. 

Ia datang bersama dengan Caparo Supercar—mobil yang didesain untuk pertandingan F1. Sebelumnya, ia telah mengunjungi 30 negara untuk kampanye.  

Rio Haryanto adalah pembalap berusia 19 tahun yang kini bertanding di ajang GP2 Series bersama tim Carlin. Pria kelahiran Solo ini bertekad untuk menjadi pembalap F1. 

MARTHA WARTA S

#Balap Mobil
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi