Toyota Luncurkan MPV Kelas Premium
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Selasa, 11 Desember 2012 18:40 WIB
Pengujung melihat mobil MPV Toyota NAV1 saat peluncurannya di Jakarta, (11/12). PT Toyota Astra Motor Toyota menghadirkan Toyota NAV1 di segmen medium Multi Purpose Vehicle (MPV) yang hadir dengan 2 tipe yakni G dan tipe V. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor hari ini meluncurkan produk terbaru pada segmen multi-purpose vehicle (MPV) dengan nama Toyota Navigator Number 1 (NAV1). Mobil MVP kelas premium ini akan melengkapi produk MVP Toyota lain seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, dan Alphard.

"Pasar MPV kelasnya terbesar yaitu 60-70 persen. Kelas premium MVP juga cukup menarik, pasarnya berkembang,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, saat peluncuran Toyota NAV1 di Jakarta, Selasa, 11 Desember 2012.

Menurut Johnny, Toyota berkeinginan untuk menyajikan produk mobil yang lengkap di semua kelas pada semua segmen, baik compact car, MPV, sampai mobil mewah (luxury car).

NAV1 merupakan jawaban Toyota atas permintaan konsumen atas mobil MPV yang kelasnya di atas Innova dan masih di bawah Alphard. Menurut dia, ada cukup banyak masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan fungsi Alphard, tapi dengan harga yang lebih murah.

Toyota NAV 1 yang dijual dengan harga Rp 398 juta untuk kelas hi-grade dan Rp 378 juta untuk kelas low-grade ini menggunakan mesin Valvematic Technology yang menghasilkan performa mesin yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Teknologi ini juga menurunkan tingkat emisi gas buang. “Manfaat lain mobil ini adalah bisa menghemat bensin, irit sekali,” kata Chief Engineer Toyota NAV1, Mizuma.

Mobil MPV ini memiliki pintu geser di kedua sisi. Head lamp didesain dengan integrated 4 bulbs dengan multi-reflectors dan projector-type low beams untuk menghadirkan kesan mewah.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan pijakan (lower step) untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari mobil. Interior bagian dalam mobil merupakan kombinasi warna gading dan perak. Bagian dalam terdiri dari Optitron Combination Meter, pendingin udara dual zone, serta steering switch.

Sejumlah warna mobil yang ditawarkan adalah putih, perak metalik, abu-abu metalik, dan hitam. Dalam sebulan, Toyota menargetkan memproduksi Toyota NAV1 sebanyak 500 unit. “Kalau permintaan banyak maka bukan mustahil produksi ditambah menjadi 1.000 unit. Target penjualan 400-500 unit per bulan,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto.

Toyota mengakui segmen MPV menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sepanjang Januari-November 2012, total pasar segmen MPV mencapai 456.281 unit. MPV menguasai pangsa pasar sebanyak 44,4 persen.

Dalam 10 bulan pertama 2012, Toyota meraup pasar dalam segmen MPV sebesar 53,6 persen dengan total penjualan 244.404 unit. Penjualan tertinggi dibukukan Avanza dengan 157.189 unit. “Toyota NAV1 diharapkan bisa melengkapi produk MPV Toyota, sebagai kombinasi dari prestise dan kenyamanan keluarga.”

ANANDA TERESIA

Berita Terpopuler:Habibie Pengkhianat Bangsa, Ini Tulisan Lengkapnya SBY Marah, Alex Noerdin di Amerika Serikat Disebut Pengkhianat Bangsa, Habibie Center SantaiPartai Demokrat Digerogoti Anak Kos Joko Widodo Tundukkan Sutiyoso

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi