Lima Mobil Ini Tak Memerlukan Sopir  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 7 Januari 2013 14:34 WIB
Mobil tanpa pengemudi Google. wikimedia.org

TEMPO.CO, San Francisco - Isu keamanan dalam berkendara sedang hangat dibicarakan dua tahun terakhir. Maraknya kecelakaan dan semakin tidak amannya jalan raya membuat sebagian pabrikan berpikir untuk menciptakan mobil tanpa sopir atau driver-less.

Seiring dengan perkembangan teknologi pemetaan yang dikembangkan perusahaan teknologi semacam Google, Apple, dan Nokia, ide membuat mobil driver-less semakin mendapat angin segar. Pabrikan mobil dan produsen teknologi bisa mengawinkan produk mereka.

Google pun muncul sebagai pelopor. Mobil driver-less ciptaannya, Google Car, telah menempuh jarak 480 kilometer dengan dikemudikan komputer. Google Car terhindar dari kecelakaan lantaran punya teknologi khusus untuk menjaga kecepatan yang aman, memantau situasi lalu lintas, serta menyesuaikan jarak aman secara otomatis dengan kendaraan di sekitarnya.

Berikut ini lima mobil tanpa sopir yang siap diproduksi massal, seperti diberitakan PC World.

1. BMW Autonomous Car

BMW telah memamerkan purwarupa mobil tanpa sopir pada 2011. Mobil ini bisa mengidentifikasi kondisi lingkungan hingga radius 55 meter. Kecepatannya lumayan, 140 kilometer per jam.

2. Mercedes Benz

Pada 2010, Mercedes Benz merakit mobil tanpa sopir. Desainnya mirip sedan. Setengah tahun setelah uji coba, pabrikan asal Jerman ini mengumumkan akan menerapkan teknologi tersebut pada sedan S-Class 2013.

3. Cadillac Holiday Cruise

Cadillac mencoba menyesuaikan teknologi yang dimiliki BMW dan Mercedes dalam satu mobil mewah otonom. Rencananya, Cadillac memperkenalkan mobil Cruise Super tahun ini. Namun ternyata Cruise Super tak sepenuhnya driver-less, hanya sistem semi-otonom yang hanya cocok untuk kondisi tertentu.

4. Audi TTS Pikes Peak

Namanya diambil dari nama puncak gunung Colorado. Audi TTS Pikes Peak adalah versi modifikasi dari mobil sport Audi TTS. Untuk menjalankan mesin dan menjaga keamanan, mobil ini dilengkapi dua komputer yang fokus pada algoritma dan dinamika. Setelah diuji pada 2010, mobil ini bisa menanjak ke puncak Pikes dalam 27 menit dengan kecepatan 45 mil per jam. Masih kalah dari pengemudi profesional yang bisa mencapai puncak dalam 17 menit.

5. Carnegie Mellon Boss

Pada 2007, Defense Advanced Research Projects Agency Federal (DARPA) mengadakan lomba membuat mobil tanpa sopir untuk kampus dan perusahaan. Pemenangnya adalah tim robot dari Carnegie Mellon University. Dengan mobil Chevrolet Tahoe yang dijuluki Boss, tim Carnegie Mellon menyelesaikan rintangan yang kompleks ala jalan perkotaan selama 20 menit.

MUHAMMAD NUR ROCHMI

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi