Belanda Perkenalkan Jalan Cerdas  
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Rabu, 9 Januari 2013 13:15 WIB
Ilustrasi jalan tol. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, NBrabant - Setelah ponsel cerdas marak, mobil cerdas dikembangkan oleh sejumlah pabrikan, kini ada pula jalan cerdas. Dikatakan cerdas karena jalan itu bersinar dalam gelap serta memberi peringatan kepada pengemudi ketika jalanan dingin dan licin. Jalan ini dirancang oleh peneliti di Belanda.

Dua perusahaan Belanda, Studio Roosegaarde dan Infrastuktur Hejmans, sudah membuat jalan cerdas itu. Mereka menamakannya Highway Smart.

Jalan ini bersinar selama 10 jam pada malam hari karena menggunakan cat berteknologi photolumniescent yang secara otomatis akan mulai bersinar beberapa saat sebelum gelap datang. Cahaya dari jalan ini dikatakan bisa mengurangi, bahkan menghilangkan kebutuhan akan lampu penerang jalan.

Peneliti juga mengembangkan cat dengan sensor suhu yang sensitif, yang bisa memberi peringatan tentang adanya kristal es, suhu anjlok, atau suhu di bawah titik beku. Kecerdasan ini dapat dimanfaatkan untuk memperingatkan pengemudi ketika jalanan licin. Cat terlihat berbeda saat merespon perubahan suhu. Permukaan jalan lalu mengkomunikasikan data lalu-lintas ini langsung kepada pengemudi menggunakan simbol-simbol grafis.

Kecerdasan lain jalan ini ada pada lampunya. Lampu jalan hanya akan menyala ketika kendaraan mendekat. Cara ini bisa menghemat arus listrik karena lampu akan mati ketika tak ada kendaraan yang melintas. Yang juga menakjubkan, energi untuk menyalakan lampu jalan dikonversi dari angin yang timbul ketika mobil lewat.

Highway Smart telah diperkenalkan di Provinsi Brabant, Belanda. Rancangan ini meraih penghargaan Best Future Concept atau konsep masa depan terbaik dalam ajang Dutch Designer Awards.

NUR ROCHMI | TELEGRAPH | AUTOMOTIVE FLEET

#Kontroversi Nama Jalan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi