Ikut Balapan Daytona, Mazda Gunakan BBM Daging  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 28 Januari 2013 14:02 WIB
Mazda6. Drive.com.au

TEMPO.CO, Detroit - Mazda bersiap meluncurkan inovasi terbaru. Bukan mobil baru, fitur canggih ala SkyActiv, atau teknologi balap mutakhir, melainkan bahan bakar organik istimewa.

Laman The Detroit Bureau mengabarkan, Mazda turut berpacu di arena balap Rolex 24 di Daytona pada akhir Januari 2013 dengan bahan bakar daging! Bahan bakar yang dijuluki meat-packing residue ini terbuat dari cacahan daging sisa makanan ditambah campuran biodiesel. Jangan khawatir mesin Anda akan kotor dan macet lantaran menggiling daging karena bahan-bahan ini diekstrak hingga berbentuk cairan.

Menurut Direktur Motorsports Mazda Amerika Utara, John Doonan, biofuel spesial ini bisa digunakan pada mesin diesel SkyActive-D. Mesin ini akan diaplikasikan pada sedan balap Mazda6 atau Grand-Am GX Class yang meluncur di sirkuit balap Rolex 24. "Bahan bakar ini sangat bersih, sehingga tak diperlukan filter atau alat sejenisnya," kata dia, Senin, 28 Januari 2013.

Bahan bakar unik ini diolah oleh Dynamic Fuels, perusahaan gabungan antara produsen daging olahan Tyson Foods, Mazda, dan perusahaan minyak Syntroleum. Pasokan bahan baku berupa cacahan daging ayam, babi, dan sapi berasal dari Tyson Foods. Dalam sehari, Dynamic Foods mengolah 1,5 juta pon daging dan dicampur dengan biofuel nabati sehingga menghasilkan 75 juta galon solar sintetis per tahun.

Belum diketahui, kapan bahan bakar ini dipasarkan secara massal. Yang jelas, setelah uji coba di arena Daytona selesai, Mazda akan membuat mesin diesel khusus untuk bahan bakar spesial ini.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi