BMW-Toyota Kembangkan Teknologi Gabungan
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 28 Januari 2013 14:47 WIB
BMW AG dan Toyota Motor Corp. toyota.fr

TEMPO.CO, Tokyo - Dua raksasa otomotif dunia, BMW AG dan Toyota Motor Corp, menjalin kerja sama pengembangan teknologi baru. Keduanya akan membangun platform untuk varian mobil sport dan mesin ramah lingkungan mulai 2013.

The Motor Report mengabarkan, finalisasi kerja sama BMW-Toyota dilakukan pada akhir Januari 2013. Kerja sama ini akan terpusat pada pengembangan teknologi ramah lingkungan (green technologies). Toyota akan menerapkan mesin hasil pengembangan bersama ini pada sedan hibrida Prius, sedangkan BMW mengadopsinya lewat sistem fitur ActiveHybrid dan i brand.

Selain mesin hemat, produk lain yang dikembangkan Toyota-BMW adalah sumber tenaga hidrogen berupa baterai, motor, dan tangki bahan bakar. Baterai dan bahan bakar hidrogen akan menggantikan bahan baku litium-ion, yang selama ini digunakan oleh mobil listrik dan hibrida. Produksi mesin dan kendaraan terbaru ini kemungkinan dilakukan paling lambat pada 2020.

Sedangkan untuk platform mobil sport, Toyota-BMW membuat material bodi komposit yang ringan namun kuat. Platform bodi ini akan digunakan oleh Toyota Supra Coupe. Namun BMW belum menyebutkan varian yang akan menggunakan teknologi tersebut. Kerja sama ini pun diyakini memperkuat pangsa pasar BMW dan Toyota pada segmen kendaraan premium.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi