Perbaiki Mobil, "Mr Bean" Habiskan Rp 14 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 7 Februari 2013 21:01 WIB
Rowan Atkinson. REUTERS/Will Burgess

TEMPO.CO, London - Duit agaknya bukan masalah untuk aktor yang satu ini. Agar sedan sport McLaren F1 kesayangannya kembali pulih, komedian Rowan “Mr Bean” Atkinson merogoh kocek hingga 910 ribu poundsterling atau sekitar Rp 14 miliar.

Mahalnya biaya reparasi mobil ini bukan lelucon. McLaren ni rusak berat setelah menabrak pohon dan tiang lampu di kawasan Cambridgeshire pada Agustus 2011. Selain mobilnya hancur dan terbakar, Atkinson mengalami patah tulang belikat sehingga perlu dirawat selama beberapa waktu.

Untuk memperbaiki mobil ini pun bukan perkara mudah. Selain biaya yang mahal, para teknisi mesti menghabiskan waktu empat pekan untuk menganalisis kerusakannya. Perusahaan asuransi pun kena getahnya sehingga akhirnya dibiarkan memilih, apakah akan mengganti biaya reparasi atau membelikan Mr Bean mobil baru.

Setelah perusahaan asuransi memilih opsi pertama, proses perbaikan McLaren nahas itu pun dimulai. The Telegraph mengabarkan para teknisi butuh waktu satu tahun untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Dan ternyata ongkos perbaikan ini lebih mahal dibandingkan harga beli semula. Mr Bean membeli mobil ini pada 1997 seharga 640 ribu poundsterling (Rp 9,74 miliar). Semakin lama harga mobil ini semakin mahal lantaran mesinnya ciamik dan termasuk barang langka: hanya ada 64 buah. Pada 2012 harga jual McLaren F1 mencapai 3,5 juta poundsterling. 

Meski begitu, Atkinson sangat bahagia begitu mengetahui mobil ini akan diperbaiki. "Rasanya seperti memakai kaos sweater lama," ujarnya bercanda. Maklum dia bisa kembali ngebut dengan mobil bermesin BMW 6,1 liter, yang bisa digeber hingga 100 km per jam dalam 3,2 detik ini. Atkinson juga mengatakan mobil ini dibuat untuk digunakan, bukan sebagai pajangan. "Adalah kejahatan, jika kita memiliki McLaren tapi menggunakannya," kata dia kepada majalah Classic Car and Sports.

MUHAMMAD NUR ROCHMI

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi