Hari Ini, Honda CR-Z Mulai Ngebut di Jakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 28 Februari 2013 13:05 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motor mulai mendistribusikan sedan sport hibrida CR-Z kepada konsumen di Indonesia hari ini, Kamis, 28 Februari 2013. Presiden Direktur Honda Prospect, Tomoki Uchida, mengatakan, hingga kini, ada 185 pemesan CR-Z. "Kami mulai mengirimkannya ke seluruh Indonesia," kata dia di kantornya.

Honda CR-Z pertama kali diperkenalkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2012. Mobil coupe ini menggunakan paduan mesin bensin dan motor elektrik yang irit bahan bakar dan hemat lingkungan. Uchida mengatakan, mesin hibrida milik CR-Z merupakan jawaban atas kebutuhan teknologi sporty yang ramah lingkungan. "Inilah mobil sport yang dinamis, tanpa mengabaikan tanggung jawab lingkungan," ujarnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect, Jonfis Fandy, mengatakan, konsumen di Indonesia kini mulai melirik mobil sport. Indonesia pun mendapat kehormatan untuk menjajal CR-Z, mobil sport hibrida pertama di dunia.

Untuk fitur mengemudi, CR-Z diperkaya dengan tiga opsi, yakni normal, sport, dan ECON. Mode normal cocok diaplikasikan untuk pemakaian harian. Jika ingin ngebut, tinggal geser tuas ke mode sport untuk mendapat sensasi berkendara yang lebih responsif dan bertenaga. Sedangkan mode ECON bisa digunakan untuk mengirit pemakaian bahan bakar.

Di sektor dapur pacu, Honda CR-Z mengadopsi mesin SOHC i-VTEC 1,5 liter (VTEC+DBW+TBR) + integrated motor assist (IMA). Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 120 daya kuda pada putaran mesin 6.600 rotasi per menit. Sedangkan transmisi tersedia dalam dua pilihan, yakni tipe otomatis dengan teknologi continuosly variable transmission (CVT) dan tipe manual 6 percepatan.

Soal harga, Honda CR-Z cukup bersaing dengan mobil sekelasnya. Sedan kompak ini dibanderol Rp 485 juta untuk jenis manual dan Rp 499 juta untuk opsi matic. Harga ini adalah tarif on the road di Jabotabek.

ANANDA TERESIA


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi