Corvette Murah Siap Meluncur  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 15 Maret 2013 12:40 WIB
Supercar terbaru dari Chevrolet yaitu Corvette Stingray siap meramaikan pemaran Geneva International Motor Show ke 83 di Jenewa, Swiss, (5/3). (AP Photo/Keystone, Martial Trezzini)

TEMPO.CO, Detroit - General Motors Co akan merakit sedan sport Chevrolet Corvette model terbaru. Kali ini, GM akan membuat versi generik dari sedan sport tersebut agar bisa dijual seharga US$ 50 ribu atau sekitar Rp 484 juta.

Kantor berita Reuters mengabarkan Corvette versi entry level ini akan dipasarkan mulai 2015. Menurut salah satu petinggi GM, mobil ini dibuat untuk memperlebar pasar sedan sport buatan Chevrolet yang belakangan tergerus oleh merek-merek asal Eropa. Manajemen GM melihat Corvette yang sangat legendaris memiliki peluang untuk dibuat "murah". "Bagi GM, sekali-kali perlu untuk menjalankan strategi yang nyeleneh," kata dia Jumat, 15 Maret 2013.

Ada sedikit bocoran untuk spesifikasi Corvette versi generik ini. GM kemungkinan memasang mesin V8 berkapasitas 5,3 liter dengan bentuk bodi yang mirip-mirip Corvette Stingray. Namun, fitur-fitur mahal seperti pengendali suhu dan kemudi otomatis ditiadakan. Paling mahal, mobil yang akan dibuat di pabrik Chevrolet, Bowling Green Kentucky ini, akan dibanderol US$ 112 juta (Rp 1,08 miliar). Selisihnya tetap cukup jauh jika dibandingkan dengan harga Corvette lain dengan harga di atas Rp 5 miliar.

Saat dimintai konfirmasi, juru bicara GM Monte Doran memberi jawaban yang cukup diplomatis. "Kami belum membicarakan harganya, terlalu prematur jika dibahas saat ini," ujarnya. Doran mengatakan saat ini GM belum berpikir untuk membuat varian Corvette dengan harga di bawah Stingray.

Pada ajang Detroit Auto Show Januari 2013, GM memajang Corvette Stingray 2014, varian Corvette terbaru yang meluncur setelah 9 tahun vakum. Para penggemar Corvette menjuluki mobil ini C7, atau Corvette generasi 7. GM kemungkinan memasarkan mobil ini pada musim panas 2013.

Peluncuran varian Corvette generik dilakukan GM untuk memdongkrak pasar sedan sport-nya yang kian menyusut. Sejak diluncurkan 50 tahun lalu, penjualan Corvette melorot dari 42 ribu menjadi hanya 14 ribu pada 2012. Di sisi lain, kecilnya penjualan membuat keekslusifan Corvette lebih tinggi ketimbang merek Eropa seperti Ferrari atau Lamborghini.

FERY FIRMANSYAH

Berita Otomotif Terpopuler:Rem Bermasalah, Honda Recall 250 Ribu Mobil Pameran Otomotif Medan Diikuti 15 Merek BesarMobil General Motors Diklaim Hemat Bahan Bakar Pameran Otomotif Medan 2013 Digelar Maret2013, Honda Targetkan Penjualan Naik 15-20 PersenEmpat Tahun, Mobil Listrik Tumbuh 1 Persen

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi