Ford Kembangkan Roda EWheel Drive
Reporter: Tempo.co
Editor: Juli Hantoro
Rabu, 1 Mei 2013 09:27 WIB
Ford eWheeldrive. caradvice.com.au

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan asal AS, Ford, bersama mitranya asal Jerman, Schaeffler, mengembangkan Roda eWheelDrive. Roda eWheelDrive ini didukung oleh motor listrik independen di kedua roda belakang.

Teknologi ini bisa mendukung pengembangan mobil berkapasitas empat orang, tetapi hanya memakan ruang dua orang. Selain itu, desain sistem kemudi eWheelDrive bisa memungkinkan kendaraan untuk bergerak ke samping dan ke dalam ruang parkir. Mobil juga bisa belok 90 derajat, digeser kanan-kiri, sehingga mudah diparkir di lahan yang sempit dan wilayah padat.

Pengembangan ini didasarkan realitas bahwa, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, penduduk yang ada di kota kota di dunia saat ini berjumlah 3,6 miliar orang. Kelak, pada 2050 jumlahnya melonjak hampir dua kali lipat jadi 6,4 miliar orang. Walhasil, jumlah mobil juga akan makin banyak. Pada 2050, jumlah mobil diperkirakan akan menjadi empat kali lipat dibanding saat ini. Hal ini mengancam mobilitas mobil di masa depan. Rencananya, kendaraan dengan eWheelDrive akan mulai diproduksi pada 2015.

"Ini proyek menarik karena berpotensi membuka pilihan baru untuk pengembangan mobil dengan emisi nol, efisien dan bisa manuver yang luar biasa," kata Pim van der Jagt, Direktur Research & Advanced Engineering Ford, Eropa. Dengan teknologi ini, mobil masa depan tak hanya bisa maju mundur, tapi juga kanan-kiri sesuka hati.

Teknologi motor listrik pada roda dianggap oleh banyak pakar industri sebagai enabler teknologi masa depan yang berpotensi penting untuk mobil pengembangan city car karena kota kota di dunia makin padat akibat urbanisasi. "Kami menghadapi tantangan yang harus diatasi . Kami lihat bisa memenuhi tantangan melalui proyek-proyek penelitian seperti eWheelDrive."

Selain bermitra dengan Schaeffler, Ford akan bermitra dengan Kontinental, RWTH Aachen dan University of Applied Sciences, Regensburg, pada proyek Mehren (Multimotor Electric Vehicle with Highest Room and Energy Efficiency) .

FORD| NUR ROCHMI

Topik Terhangat:Harga BBM | Susno Duadji | Gaya Sosialita | Ustad Jefry | CalegBerita Terpopuler:Pengedar Sabu itu Ternyata Perwira BerprestasiVIDEO Susno Duadji: Saya Tak Akan LariJaksa Waspadai Pengawalan Bersenjata Susno  Kolonel ASB Memakai Sabu Sejak 2004  SBY: Harga BBM Naik kalau Ada Dana Kompensasi

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi