Doni Tata Finis ke-19 di Prancis
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Minggu, 19 Mei 2013 19:34 WIB
Doni Tata Pradita

TEMPO.CO, Le Mans-Pembalap Moto2 Indonesia, Doni Tata Pradita, finis di urutan ke-19 dalam seri Moto2, di sirkuit Le Mans, Prancis, Ahad, 19 Mei 2013. Doni berselisih waktu 1 menit 2,095 detik dengan juara pertama asal Inggris, Scott Redding, yang menempuh waktu 36 menit 43,583 detik.

“Alhamdulilah, setelah perjuangan di akhir minggu, saya melakukan balapan yang bagus hari ini,” kata Doni dalam akun twitternya usai berlaga menyelesaikan 24 putaran di sirkuit sepanjang 4.185 kilometer.

Sebelumnya Doni berada di urutan kedua dari terakhir pada kualifikasi Moto2 Seri Le Mans Sabtu, kemarin. Pembalap yang membela tim Federal Oil Gresini ini menorehkan catatan waktu 1 menit 42,701 detik. Sementara rekan senegaranya, Rafid Topan Sucipto, berada di urutan paling buncit dengan catatan waktu 1 menit 44,146 detik.

Sekalipun memulai di posisi belakang, Doni mendapat keberuntungan. Tak kurang dari 10 pembalap berjatuhan karena sirkuit yang licin setelah diguyur hujan semalaman. Pembalap Spanyol, Pol Espargaro, yang sebelum balapan berada di peringkat ketiga klasemen sementara, jatuh terpeleset di putaran ketiga bersama dengan rekan setimnya, Esteve Rabat.

Pembalap-pembalap lain yang berjatuhan antara lain Jordi Torres dan Nico Terol dari Mapfre Aspar Tech, Tom Luthi dari Interwetten Paddock, dan pembalap yang mendanai dirinya sendiri, Gino Rea. Pembalap asal Jepang yang sebelumnya ada di peringkat keempat klasmen sementara, Taaki Nakagami, tak bisa menyelesaikan balapan juga karena jatuh di putaran kedelapan di sudut yang sama dengan Espargaro.

Espargaro akhirnya finis di urutan ke-20, di belakang Doni. Sedangkan Rabat finis di urutan ke-23, di depan Rafid Topan Sucipto, yang berselesih 3 putaran dari pembalap nomor satu. Sementara, rekan setim Doni asal Thailand, Ratthapark Wilairot, tak bisa menyelesaikan balapan.

Hingga di seri keempat ini, Scott Redding memimpin klasemen dengan perolehan 76 poin. Di posisi kedua ada Estave Rabat dengan 52 poin. Sedangkan pembalap Finlandia, Mika Kallio, dari Marc VDS, berada di urutan ketiga dengan 47 poin.

GADI MAKITAN | MOTO GP

#Balap Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi