Pertamina Pasok Solar Dex untuk Mercedes Benz
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 22 Mei 2013 14:08 WIB
SPBU pertamina khusus pertamax di jalan alteri Pondok Indah, Jakarta, Jumat (27/04) SPBU tersebut dikhususkan hanya untuk pengisian di pertamax, pertamax plus dan pertamax dex. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - PT. Pertamina (Persero) meneken kerjasama dengan PT. Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan bahan bakar diesel Pertamina DEX. Solar tersebut akan digunakan seluruh mobil Mercedes-Benz bermesin diesel yang beredar di Indonesia.

Penandatangaan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya dan Presiden Mercedes-Benz Indonesia, Claus Weidner. Selain meneken kesepakatan, Mercedes-Benz meluncurkan sport utility vehicle (SUV) ML 250 CDI.

Menurut Hanung, kerjasama dengan Mercedes-Benz menandai diakuinya produk Pertamina DEX sebagai bahan bakar diesel berkualitas tinggi. Pertamina DEX memiliki keunggulan diantaranya adalah angka cetane minimum 53 yang membuat mesin lebih bertenaga, irit, suara lebih halus dan mudah dinyalakan.

Selain itu kandungan sulfur DEX berada di bawah 300 part per million (Ppm) sehingga emisi gas buangnya lebih bersih. "Sesuai dengan standar mesin diesel Mercedes," kata Hanung dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Mei 2013.

Claus Weidner mengatakan kualitas Pertamina DEX terjamin. Bahan bakar ini memenuhi standar emisi EURO 4 yang menghasilkan tenaga besar, hemat, suara halus dan emisi gas buang yang ramah lingkungan. "Kualitas ini dimiliki Pertamina DEX." ujarnya.

Data Pertamina menyebutkan penjualan Pertamina DEX pada 2012 meningkat 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk memenuhi permintaan pasar, Pertamina menyediakan Pertamina DEX dengan dispenser (tanpa kemasan) secara merata pada 220 Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Selain itu, 800 SPBU lain menyediakan Pertamina DEX dengan kemasan di seluruh Indonesia.

Untuk produksinya, Pertamina menyiapkan kilang di Dumai Riau, mendampingi kilang Balongan Indramayu. Jaringan SPBU yang menyediakan Pertamina DEX dengan dispenser akan diperluas hingga ke Sulawesi dan Irian Jaya. (Baca: Berlomba Mobil Mewah)

ANANDA PUTRI

Topik TerhangatKisruh KJS | Menkeu Baru | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad FathanahBerita lainnya:Bisnis Labora Sitorus Dimulai dari Miras Cap TikusBegini Kronologi Katon Bagaskara TerjatuhPKS: Ada yang Mencari-cari Kesalahan Kami

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi