Jorge Lorenzo Dominasi Balapan di Mugello
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Minggu, 2 Juni 2013 20:54 WIB
Pembalap MotoGP Yamaha, Jorge Lorenzo mengendarai motornya dalam sesi latihan bebas pertama di MotoGP Italia di sirkuit Mugello, (31/5). (AP Photo/Gregorio Borgia)

TEMPO.CO, Mugello--Jorge Lorenzo menjuarai balapan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, Ahad 2 Juni 2013. Pembalap asal Spanyol ini mendominasi balapan sejak menit-menit awal lomba dan berhasil mencatat waktu tercepat 41 menit 39,733 detik.

Langkah kemenangan Lorenzo dimulai sejak lap kesatu ketika ia berhasil menyalip Dani Pedrosa yang berada di posisi pertama. Pedrosa pun turun ke urutan kedua disusul oleh Andrea Dovizioso dari Ducati.

Nasib sial dialami oleh pembalap tuan rumah, Valentino Rossi. Pembalap Yamaha ini terjatuh pada lap pertama lantaran ditabrak oleh pembalap Honda Gresini Alvaro Bautista. Akibat tabrakan tersebut, Rossi tidak bisa melanjutkan balapan. Hal ini berbeda ketika ia terjatuh pada lomba di Sirkuit Le Mans, Prancis dua pekan lalu. Meski terjatuh Rossi masih mampu menyesaikan lomba dan finis di posisi ke-12.

Lebih lanjut, dominasi Lorenzo di Sirkuit Mugello tidak bisa dipatahkan oleh dua pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Memasuki putaran ke-14, jarak antara Lorenzo dan Dani Pedrosa semakin jauh, yaitu berselisih empat detik. Sesekali Pedrosa mencoba mencari peluang pada trek panjang, tapi Lorenzo terlihat sulit dikejar. Persaingan pun hanya terjadi antara dua pembalap Repsol Honda Pedrosa dengan Marquez.

Pada lap 19 Marquez mampu mengejutkan Pedrosa dengan melakukan sebuah manuver dari sisi kiri. Marquez pun berhasil mengambil alih posisi kedua dari Pedrosa. Kendati demikian, posisi tersebut hanya bertahan selama dua putaran saja.

Marquez terjatuh pada lap 21 saat hendak memasuki tikungan. Marquez terlihat terlambat membelokkan laju motornya. Ia pun tersungkur dan posisinya kembali diambil alih oleh Pedrosa.

Jatuhnya Marquez ikut mendongkrak posisi Cal Crutchlow dari Monster Yamaha Tech 3. Crutchlow pun berada diposisi ketiga ketika balapan menyisakan dua putaran lagi. Memasuki putaran terakhir tidak ada yang berubah. Lorenzo masih terus memimpin disusul oleh Pedrosa di posisi kedua dan Crutchlow di tempat ketiga.

Menanggapi kemenangan tersebut, Lorenzo mengatakan pada sesi kualifikasi ia memang bukan yang tercepat. "Tapi saya bisa membuktikan jadi yang tercepat pada lomba ini," ucap Lorenzo. Atas hasil ini, Pedrosa masih menempati klasemen sementara dengan mengemas 103 poin. Posisi kedua diikuti oleh Lorenzo dengan 91 poin dan ketiga Marquez yang meraih 77 poin.

MOTOGP|ADITYA BUDIMANTopik terhangat:Penembakan Tito Kei | Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPKFathanahBaca jugaEDSUS GENG MOTORVan Persie cs Datang dengan Pesawat CarteranNilai Merek Bayern Muenchen Termahal di DuniaHanya Ultras yang Beri Salam Perpisahan Buat Mou

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi