Mobil yang Pas untuk Wisata Jarak Jauh
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Minggu, 16 Juni 2013 06:03 WIB
Sejumlah pengunjung meramaikan acara pameran automotif di Shanghai International Automobile Industry Exhibition di Shanghai, China, (21/4). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

TEMPO.CO , Jakarta:Di antara sekian banyak kelas, tipe, dan merek mobil yang ditawarkan pabrikan, tidak semuanya pas untuk menempuh perjalanan wisata jarak jauh. Sebab, tak semua mobil punya kabin yang lapang dan nyaman, bagasi yang besar, serta mesin dengan durabilitas tinggi, bertenaga, namun tetap irit bahan bakar.

Direktur Pemasaran PT General Motors Indonesia, Yuniadi Hartono, mengajukan dua tipe mobil yang menurut dia paling pas untuk road trip: multi-purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). "Pertimbangannya daya angkut dan ketangguhan mesin," katanya.

MPV--lebih dikenal dengan nama van atau minibus di Indonesia--layak dipilih lantaran bisa memuat 8 penumpang plus sopir. Bahkan ada yang berkabin bongsor sehingga bisa menampung 10 penumpang. Kapasitas mesin MPV rata-rata di atas 1.500 cc sehingga tenaganya bisa diandalkan.

Yuniadi mengatakan, dari sisi kenyamanan, beberapa MPV memiliki keunggulan, yakni struktur bodinya monocoque (rangka yang meliputi atap hingga kaki) sehingga lajunya lebih stabil. "Atau, penyejuk udara yang tersedia hingga baris ketiga," ujarnya.

Sayangnya, MPV kurang mampu melewati jalur yang rusak karena ground clearance atau jarak antara bodi dan tanah yang rendah. Kebanyakan hanya memiliki ground clearance 15-20 sentimeter. "Rawan terantuk batu," ucap Yuniadi.Karena itu, SUV atau jip perkotaan layak jadi alternatif. Wartawan senior dan juga pakar otomotif Suhari Sargo mengatakan, dengan ground clearance yang tinggi (di atas 20 sentimeter), mobil ini cocok digunakan melibas jalanan berbatu atau medan off road ringan. Tapi daya tampung SUV lebih kecil daripada MPV(biasanya 5 kursi), dan kapasitas mesinnya lebih besar sehingga konsumsi BBM lebih tinggi.

Suhari tidak menyarankan penggunaan mobil kecil kelas city car atau mobil hatchback. Meski bisa memuat 4-5 penumpang, atau keluarga dengan satu anak, mobil ini rawan jika digunakan menempuh jarak jauh. "Terutama rute luar kota, yang dipenuhi kendaraan besar seperti truk," katanya.

Agak berbeda dengan Suhari, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho, masih menenggang penggunaan beberapa jenis hatchback dan city car untuk perjalanan jauh. Menurut dia, beberapa hatchback dan city car memiliki mesin yang hampir sama dengan MPV varian low, yakni 1.300-1.500 cc. Selain itu, posturnya yang kecil cocok untuk melibas jalan sempit. "Kecil tapi kuat," ujarnya.

Apa saja tipe mobil yang pas selama wisata jarak jauh selama liburan? (Baca Lengkap di Koran Tempo edisi Minggu, 15 Juni 2013)

FERY FIRMANSYAH | AMRI MAHBUB | MARIA YUNIAR | ANANDA TERESIA

Terhangat: Mucikari SMP | Taufiq Kiemas | Rusuh KJRI Jeddah

Baca juga: Mengecap Sroto Unik di Tepi Sungai Klawing   Jelang Jazz Gunung, Hotel di Bromo Habis Dipesan   Pekan Budaya Batik Magelang Sirkus Perancis Tampil di Purwokerto Panitia Solo Batik Carnival Ingin Jual Tiket

#Bisnis Pariwisata

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi