Moto GP: Sirkuit Argentina Sangat Mengikis Ban
Reporter: Tempo.co
Editor: Reza Aditya Ramadhan (Reporter Y
Kamis, 4 Juli 2013 14:55 WIB
Pembalap Honda MotoGP Stefan Bradl mengendarai motornya saat sesi latihan dalam laga MotoGP perancis di sirkuit Le Mans, Perancis, 19-5, 2012. REUTERS/Regis Duvignau.

TEMPO.CO, Buenos Aires-Usai melakukan serangkaian uji coba sirkuit baru di Termas de Rio Hondo di Argentina, beberapa tim rombongan Moto GP menemukan berbagai kendala, terutama menyangkut abrasi ban motor tiap-tiap pembalap. Lintasan baru ini identik dengan sirkuit Motegi di Jepang, namun sirkuit yang terletak tak jauh dari Buenos Aires ini lebih bervariasi dengan konsep lintasan cepat. Itu berarti pengikisan pada ban juga lebih besar.

Menanggapi hal ini, Masao Azuma – mantan pembalap Grand Prix 125cc yang kini bekerja untuk Bridgestone di beberapa tim di Moto GP – mengatakan, “Dari awal kami telah menerima data dari desainer sirkuit, selain sirkuit itu lintasan cepat, faktor aspal juga disinyalir menjadi penyebab mudah terkikisnya ban,” seperti dikutip langsung Motogp.com, Rabu, 3 Juli 2013.

“Kami telah melakukan simulasi kinerja pada pusat teknis kami di Jepang, berharap dapat diatasi sebelum Moto GP musim depan berlangsung,” ujar Masao. “Karena faktor aspal menyebabkan suhu ban mudah panas.”

Pembalap Moto GP dari tim LCR Honda Stefan Bradl mengatakan hal senada. Bradl mengatakan tidak ada masalah selain abrasi ban usai melakukan uji coba di sirkuit itu.

“Ini tipe sirkuit lintasan cepat,” kata Bradl. “Ini berpotensi menghabiskan ban dan membahayakan pembalap, kuharap segera mungkin kami dapat mengetahui bagaimana produsen ban menyelesaikan masalah ini.”

Beberapa pembalap Moto GP yang mencoba track baru di Argentina adalah Crutchlow, Alvaro Bautista, Stefan Bradl dan Hector Barbera. Sedangkan dari kelas Moto 2 pembalap yang hadir; Tito Rabat dan Nico Terol.

MOTO GP | REZA ADITYA RAMADHAN

Topik Terhangat Tarif Progresif KRL| Bursa Capres 2014 |Ribut Kabut Asap |PKS Didepak? |Puncak HUT Jakarta

Berita Lainnya Pencipta Lagu AS Roma Meminta Lagunya Dibuang PSSI Siapkan Regulasi Standardisasi Klub Ronaldo Rindu Manchester United Isco Emoh Menamai Anjingnya 'Ronaldo'

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi