Sean Gelael Siap Jajal Sirkuit Norisring
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Rabu, 10 Juli 2013 14:20 WIB
Pebalab Indonesia Sean Gelael. ANTARA/Zabur Karuru

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Formula 3 asal Indonesia, Sean Gelael, siap bertanding di Sirkuit Norisring, di Nuremberg, Jerman, 13-14 Juli mendatang. Laga ini merupakan pengalaman pertama Sean melakoni balapan di sirkuit jalan raya.

Pertandingan di Sirkuit Norisring ini merupakan seri keenam Kejuaraan Eropa Federasi Automobil Internasional (FIA) Formula 3. Melalui pernyataan pers yang diterima Tempo, Rabu, 10 Juli 2013, Sean mengatakan sudah menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan pengalaman baru ini.

“Saya harus secepat mungkin mengenal lintasan, sehingga dapat memacu kendaraan saya secepatnya di lintasan lurus dan berkonsentrasi penuh untuk menentukan titik pengereman terbaik, khususnya di tikungan-tikungan tusuk konde,” kata Sean, yang bertanding di bawah bendera Double R Racing Team.

Di sirkuit sepanjang 2,3 kilometer itu, pembalap bisa memacu kendaraannya sampai dengan kecepatan 250 kilometer per jam di dua lintasan lurus yang sangat lebar. Namun, di ujung lintasan lurus itu terdapat tikungan tusuk konde yang menyempit.

Anthony “Boyo” Hieatt, pemimpin Double R Racing Team, mengatakan salah satu kunci untuk dapat sukses di Norisring adalah bagaimana dapat bertahan di sirkuit. Sebab, berdasarkan pengalaman tim Double R Racing Team tahun lalu, salah satu pembalapnya yang start dari posisi ke-11 bisa finis di posisi ke-4 lantaran semua pembalap di depannya terhenti karena kecelakaan dan kerusakan teknis.

Sean sudah melakoni latihan dengan menempuh jarak 700 kilometer selama dua hari di Sirkuit Red Bull Ring Austria. Menurut Hieatt, hasilnya cukup memuaskan. “Dalam latihan tersebut, Sean berhasil mencatatkan waktu 1,5 detik lebih cepat per satu putaran daripada catatan waktunya pada saat bertanding beberapa waktu yang lalu,” kata Hieatt.

GADI MAKITAN

Topik terpopuler:Penemu Muda | Bursa Capres 2014 | Tarif Progresif KRL | Bencana Aceh

Berita lainnya:Modus Baru, Bobol ATM Tanpa Mengurangi SaldoBos Sanex Steel Disebut Pernah Setor Anas Rp 5 MiliarUsut Korupsi, Jenderal Heru Malah Dihukum 6 Bulan5 BUMN yang Diduga Saweran untuk Anas Urbaningrum

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi