Jaguar Rilis Mobil Balap Project-7
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 12 Juli 2013 10:41 WIB
Sejumlah model berpose di samping mobil Jaguar XK saat presentasi media di Bangkok International Motor Show ke-34 di Bangkok, Thailand, Selasa (26/3). Bangkok International Motor Show akan berlangsung mulai dari 27 Maret hingga 7 April 2013 mendatang. REUTERS/Chaiwat Subprasom

TEMPO.CO, Sussex - Produsen mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover Ltd, merilis purwarupa mobil balap teranyar. Mobil bernama Project-7 ini digadang-gadang bisa mengulang kejayaan Jaguar D-Type yang pernah merajai sirkuit pada medio 1950-an.

Situs dailymail mengabarkan,  Project-7 bisa menempuh kecepatan hingga 186 mil per jam atau sekitar 300 kilometer per jam). Layaknya mobil balap, Project-7 cuma bisa memuat satu kursi. Sisi di samping pengemudi akan diganti dengan tempat helm.

Untuk melaju dengan kecepatan super, Jaguar membekali Project-7 dengan mesin berkapasitas besar. Dapur pacu mobil balap ini diisi oleh mesin supercharged V8 5-liter. Dengan mesin ini, Project-7 bisa melaju 100 kilometer per dalam 4,1 detik. Tenaga yang bisa dibesut mesin ini mencapai 540 daya kuda.

Tentu saja, Project-7 lebih unggul jika dibandingkan dengan leluhurnya, Jaguar D-Type. Kecepatan Project-7 lebih unggul 0,6 detik ketimbang D-Type. Begitu pula dengan tenaga, dua kali lipat dibandingkan D-Type yang memiliki 265 tenaga kuda. Maklum saja, Jaguar D-Type "hanya" dibekali mesin 3,8 liter.

Rencananya, Project-7 akan menjalani debut balapan dalam ajang Goodwood Festival of Speed di Sussex Inggris, pekan kedua Juli 2013. Mobil ini akan dikemudikan oleh Mike Cross yang menjabat chief engineer Jaguar. Cross berharap Project-7 bisa mengalahkan pamor leluhurnya, D-Type, yang memenangi balapan di Sirkuit Le Mans Prancis pada 1956 dan 1957. "Ini adalah mobil sport yang tangkas, cepat dan tentu saja, menyenangkan," ujarnya.

M NUR ROCHMI 

Topik Terhangat:Ramadan| Bursa Capres 2014| Ribut Kabut Asap| Tarif Progresif KRL| Bencana Aceh

Otomotif TerpopulerElio AOS, Mobil Roda Tiga buat PerkotaanTiap Tahun, Land Rover Investasi 2 Miliar Pounds  Penjualan Motor Sport Tak Terpengaruh Mobil MurahFord Tarik 465 Ribu Mobil

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi