Honda Akan Ikut Ramaikan Produksi Mobil Hijau
Reporter: Tempo.co
Editor: Juli Hantoro
Jumat, 19 Juli 2013 05:44 WIB
Sejumlah mobil terbaru Honda Brio berjajar disamping dua buah pesawat latih ringan jenis cessna usai acara test drive Honda Brio di Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, Jabar, (29/8). ANTARA/Zarqoni maksum

TEMPO.CO , Jakarta:Agen pemegang merek Honda, PT Honda Prospect Motor mengatakan akan ikut meramaikan produksi Low Cost Green Car (LCGC) yang aturannya sudah disetujui oleh pemerintah. Direktur Pelayanan dan Purna Jual Honda Prospect Jonfis Fandy mengatakan pihaknya masih terbentur dengan petunjuk teknis yang mengatur spesifikasi lebih detil tentang aturan mesin dan komponen. "Harus menungggu aturan itu dulu untuk mulai produksi," katanya Kamis, 18 Juli 2013.

Jonfis mengatakan setelah petunjuk itu keluar Honda akan segera memproduksi LCGC. Namun, kata dia, butuh sedikit waktu untuk mempelajari regulasi tersebut. Mengenai aturan pemerintah sebelumnya Jonfis mengatakan Honda telah menerima regulasi tersebut. Salah satunya, kata dia, dengan menggunakan nama dalam negeri. "Kita sudah memutuskan akan ikut meramaikan ini," katanya.

Dia mengatakan aturan dalam petunjuk teknis itu nantinya akan menentukan banyak hal. Selain berpengaruh pada biaya produksi, aturan tersebut juga akan menentukan target produksi dan target penjualan nantinya. Hal ini, kata dia, yang membuat Honda belum bisa memprediski jumlah dan proyeksi penjualan LCGC nantinya. "Petunjuk teknis itu sangat menentukan," ujarnya.

Mengenai pangsa pasar LCGC nanti, Jonfis menilai peminatnya akan ramai. Meskipun jika dilihat keadaan saat ini, peminat mobil hijau yang telah diluncurkan tahun lalu masih rendah. Menurut dia produsen mempengaruhi minat pasar. Jika para pemain besar sudah ikut memproduksi LCGC, kata dia, pasar akan terbentuk dan minat pada LCGC akan tumbuh. "Saya yakin pasarnya akan terbentuk sendiri. Tapi tidak akan seramai kelas Xenia atau Avanza," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan tahun ini produksi LCGC bisa mencapai 75 ribu unit. Dengan harga satuannnya Rp.95 juta. Namun harga itu belum termasuk biaya balik nama, pajak kendaraan bermotor, pajak daerah , dan ongkos angkut. Banyak pihak memprediksi LCGC akan mempengaruhi nilai jual produk lainnya.

RAMADHANITerpopuper:Taliban: Dear Malala, Ini Sebab Kami MembunuhmuIsi Lengkap Surat Taliban untuk MalalaBelatung Pemakan Daging Masuk ke Kuping Lukisannya Membawa Bocah Ini Jadi Miliarder

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi