Marc Marquez Taklukkan Sirkuit Laguna Seca  
Reporter: Tempo.co
Editor: Muhammad Taufiqurohman
Senin, 22 Juli 2013 08:01 WIB
Marc Marquez. AP/Ben Margot

TEMPO.CO, Jakarta-Pembalap Repsol Honda Marc Marquez melakukan debutnya dengan sempurna di kelas MotoGP setelah berhasil menjadi juara di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat pada Senin, 22 Juli 2013 waktu Indonesia. Marquez yang memulai balapan di posisi kedua pada awal lomba harus rela berada di belakang Valentino Rossi dan Stefan Bradl. Ketiganya tampak bersaing untuk menjadi yang tercepat menit-menit awal.

Memasuki putaran keempat Marquez mencoba menyusul Rossi. Usaha pembalap asal Spanyol ini tidak sia-sia setelah di tikungan Corkscrew yang menurun dan berbelok ia menyalip The Doctor, julukan Rossi, dari sisi kanan. Motor Marquez sempat keluar lintasan namun ia dengan tenang kembali masuk ke arena balapan.

Setelah menyusul Rossi, Marquez mencoba mendekati Bradl. Aksi kejar-kejaran pun terjadi antara Bradl yang berada di urutan pertama dengan Marquez. Sementara Rossi yang menempati posisi ketiga terus ditekan oleh pembalap Honda Gresini Alvaro Bautista. Sedangkan rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo harus bersaing dengan Dani Pedrosa di urutan kelima dan keenam.

Selama 18 putaran Bradl yang menunggangi LCR Honda mampu memimpin balapan. Namun menjelang akhir lap 18, Marquez menyalipnya untuk mengambil alih posisi pertama. Valentino Rossi yang tertinggal jauh dari Marquez dan Bradl mencoba mempertahankan posisi ketiga dari kejaran Bautista.

Hingga akhir lap ke-32 posisi tersebut terus bertahan. Perubahan hanya terjadi di urutan kelima dan keenam dimana Dani Pedrosa akhirnya mampu menyusul Jorge Lorenzo. Marquez pun berhasil menyelesaikan lomba di seri kesembilan dengan catatan waktu tercepat 44 menit 00,69 detik disusul oleh Bradl dan Rossi yang berselisih dua detik.

Dengan hasil ini, Marquez memimpin klasemen sementara dengan raihan poin 163. Ia juga tercatat sebagai pembalap paling muda, 20 tahun, yang mencatat kemenangan dua kali berturut-turut dalam MotoGP. Sedangkan posisi kedua masih dipegang rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa yang berselisih 16 angka dan tempat ketiga diisi oleh Jorge Lorenzo. Sementara itu juara dunia tujuh kali Valentino Rossi duduk di tempat keempat klasemen dengan torehan angka 117 selisih 20 angka dengan Lorenzo.

MOTOGP | ADITYA BUDIMAN

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi