Marquez Mengukuhkan Posisi Puncak
Reporter: Tempo.co
Editor: Nur Haryanto
Senin, 22 Juli 2013 23:43 WIB
Marc Marquez. AP/Ben Margot

TEMPO.CO, California -  Pembalap tim Repsol Honda dari Spanyol, Marc Marquez, memperkukuh posisinya di urutan teratas klasemen kejuaraan dunia pembalap MotoGP 2013. Hal ini terjadi setelah Marquez memenangi Grand Prix Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca, California, kemarin.

Marquez, yang memulai balapan di posisi kedua, setelah start, tercecer di urutan ketiga di belakang Valentino Rossi dan Stefan Bradl. Ketiganya tampak bersaing untuk menjadi yang tercepat pada menit-menit awal.

Memasuki putaran keempat, Marquez mencoba menyusul Rossi. Usaha pembalap asal Spanyol ini tidak sia-sia. Setelah di tikungan Corkscrew yang menurun dan berbelok, ia menyalip Rossi dari sisi kanan. Motor Marquez sempat keluar dari lintasan, tapi ia dengan tenang kembali masuk ke arena balapan.

“Saya telah menyaksikan video Valentino (Rossi) sejak 2008 dan saya pikir tidak mungkin mengulang gerakannya,” tutur Marquez. “Saat saya melewatinya (Rossi), saya harus mengambil melebar dan ini sama (dengan di rekaman video Rossi).”

Setelah menyusul Rossi, Marquez mencoba mendekati Bradl. Aksi kejar-kejaran pun terjadi antara Bradl, yang berada di urutan pertama, dan Marquez. Sedangkan Rossi, yang menempati posisi ketiga, terus ditekan oleh pembalap Honda Gresini, Alvaro Bautista. Sedangkan rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo, harus bersaing dengan Dani Pedrosa di urutan kelima dan keenam.

Dengan hasil ini, Marquez memimpin klasemen sementara dengan raihan 163 poin. Ia juga tercatat sebagai pembalap paling muda, 20 tahun, yang memetik kemenangan dua kali berturut-turut dalam MotoGP.

Sedangkan posisi kedua klasemen sementara masih dipegang rekan satu tim Marquez, Pedrosa, yang berselisih 16 angka, dan tempat ketiga diisi Lorenzo. Juara dunia tujuh kali, Rossi, berada di tempat keempat.

MOTOGP | ADITYA BUDIMAN

 Klasemen Umum

1. Marquez 163

2. Pedrosa 147

3. Lorenzo 137

4. Rossi 117

5. Crutchlow 116

6. Bradl 84

7. Dovizioso 81

8. Bautista 71

9. Hayden 65

10. Aleix Espargaro (ART/Spanyol) 52

 

 

 

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi