Mobil Super Ini Jelmaan Jet
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Senin, 2 September 2013 03:56 WIB
Pesawat tempur siluman F-22 Raptor mengudara dari pangkalan militer Amerika Serikat di Pyeongtaek, Korea Selatan, untuk melakukan latihan militer (3/4). AP/Bae Jung-hyun, Yonhap

TEMPO.CO, California--Mobil dan pesawat memiliki kesamaan, sebagai alat transportasi. Bedanya hanya medan yang dipakai. Pesawat melayang di udara, mobil melaju di darat. Apa jadinya jika mobil mengadopsi jet?

Inilah yang dilakukan oleh Bulleta Motors. Sabtu 31 Agustus 2013 , produsen mobil yang berbasis di California ini menjiplak jet Lockheed Martin F-22 Raptor. Namanya Bulleta Motors RF 22.

Menurut Samir Sadikhov, desainer yang juga mendesain Aston Martin DBC dan Cadillac C Ville, bodi Bulleta Motors RF 22 emiliki tubuh yang ramping dan tajam, seperti pesawat jet Lockheed Martin F-22 Raptor.

Bulleta dilengkapi dengan mesin berkapasitas 3,5 liter. Mesin itu ditempatkan di tengah bodi mobil. Tenaga dikirimkan ke roda belakang. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 505 setara tenaga kuda. Walau kecepatannya tak secepat jet F-22 Raptor, namun mobil ini juga bisa melesat kencang. Kecepatan 100 km/jam bisa diraihnya hanya dalam waktu 3,6 detik.

Menariknya, pembeli bisa memilih bodi mobil dari komposit atau serat karbon. Interiornya, juga bisa dipilih, apa memakai dua kursi atau empat. Jika masih kurang, produsen juga akan memberikan jam tangan mewah buatan Swiss yang nomor serialnya sesuai dengan nomor serial mobil itu.

Penomoran ini memang sesuai dengan penomoran jet F-22 Raptor. Jet buatan kerja bareng Locheed Martin Aeronautic dan Boeing ini juga diberi nomor terbatas. Kini, 8 unit jet dibuat guna menjalani tes dan 187 unit buat digunakan untuk operasional US Air Force. Jet ini pertama dibuat SEptember 1997 dan dikenalkan pada Desember 2005.

DIGITALTRENDS | NUR ROCHMI

Terhangat:Rupiah Loyo | Konvensi Partai Demokrat | Suap SKK Migas

Berita populer:Brigjen Basaria: Dari Penyelundupan Sampai SusnoAhok Heboh Terajana di YouTubePDIP Merasa 'Disenyapkan' di Pilkada Jawa TimurIni Rahasia Sukses Polwan Versi Brigjen Basaria

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi