Crossover Infiniti dan Mercedes Bakal Satu Pabrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 4 September 2013 12:43 WIB
egmcartech.com
TEMPO.CO, Detroit - Nissan Motor Co dan Daimler AG bakal menjalin kongsi strategis. Dua pabrikan beda benua itu merancang sebuah fasilitas produksi untuk Infiniti dan Mercedes-Benz.

Kabar tersebut dilansir kantor berita Reuters berdasarkan informasi dari dua sumber anonim. Sumber itu mengatakan pabrik tersebut akan dibangun di Aguascalientes, Meksiko dan mulai beroperasi pada pengujung 2013. Pabrik khusus mobil mewah ini menelan investasi US$ 2 miliar atau sekitar Rp 22 triliun.

Mobil yang akan dibuat di pabrik ini adalah crossover kompak Mercedes-Benz GLA dan Infiniti Q30. Dua produk ini akan memiliki mesin, komponen sasis serta beberapa bagian lain yang sama. Untuk diketahui, Q30 dan GLA dirancang oleh biro desain Daimler di bawah satu platform bernama NGCC, kependekan dari New Generation Compact Car.

Jika proses produksinya sesuai jadwal, Mercy GLA akan dipasarkan pada musim panas mendatang di Eropa dan musim gugur di Amerika Serikat. Sedangkan pemasaran Infiniti Q30 kemungkinan dimulai pada 2015. Selain di Meksiko, sumber tadi mengatakan Infiniti Q30 juga akan dibuat di Sunderland Inggris. Pabrik ini khusus melayani konsumen Eropa dan instalasi produksi Meksiko hanya untuk Amerika Utara.

Namun saat dimintai tanggapan atas kabar ini, manajemen Nissan tidak memberi jawaban yang jelas. "Kami belum mengumumkan rencana dan fase produksi di pabrik itu," kata juru bicara Nissan North America, David Reuter. Juru bicara Daimler Christian Bokich hanya membenarkan kabar GLA dan Q30 bakal berbagi platform.

Bagi Nissan, kongsi berbagi platform dengan Daimler merupakan kali ketiga. Sebelumnya pabrikan asal Jepang ini bekerjasama dengan Renault Prancis untuk membuat mesin serta komponen untuk varian sedan. Kerja sama semacam ini menjadi cara pabrikan otomotif untuk menghemat biaya produksi.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi